Hanya Pemuda Seperti Ini Layak Pimpin GP Ansor

233

Makassar, NU Online
Gerakan Pemuda Ansor hanya layak dipimpin oleh individu-individu yang memiliki jiwa kepemimpinan yang mau berbuat, memberi manfaat bagi agama, masyarakat dan bangsa melalui badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Instruktur Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) IV Entjeng Shobirin Nadj, di Makassar, Ahad (26/3), di aula Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) setempat.

Hal lain yang diperlukan Banser sebagai kader inti pemuda Ansor ialah profesionalisme. Untuk mencapainya, keahlian spesifik dan kompeten di bidangnya harus dimiliki. Masyarakat Tionghoa, misalnya, kompeten atau jago di bidang bisnis.

Pria kelahiran Garut, Jawa Barat, 16 Juni 1957 itu juga menyatakan, Banser harus memiliki daya saing seiring perkembangan zaman. Selain itu harus berkomitmen terhadap Pancasila dan NKRI.

Kepedulian berikut rasa tanggung jawab juga harus dibangun. Termasuk siap diperintah untuk ambil bagian dalam menjaga ideologi Aswaja dan bangsa. Berani menyediakan waktu, pikiran dan jiwa raga, serta sebagian hartanya bagi organisasi.

Tanpa jiwa kepemimpinan, tidak akan ada gerakan untuk memenangkan organisasi dari perubahan jaman penuh tantangan.

Entjeng berharap, para peserta Susbanpim IV dari sejumlah provinsi seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Yogyakarta, Jawa Tengah, Kalimantan dan Papua memiliki jiwa kepemimpinan. (Gatot Arifianto/Abdullah Alawi)

Sumber :nu.or.id

Comments

comments