Hadapi Revolusi Industri 4.0, Ansor Tanjungsari luncurkan Website

71

Bersamaan dengan dilaksanakannya agenda PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) yang diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Tanjungsari yang bertempat di Pondok Pesantren Nurul Falah Ar-Rahmat dusun Sirahcai desa Raharja, kecamatan Tanjungsari,Pengurus GP Ansor Tanjungsari membuat inovasi dengan meluncurkan portal website yang dapat di akses oleh publik melalui alamat https://ansortanjungsari.org.

Kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 50 peserta yang sebagaian besar di dominasi oleh warga Nahdiyin yang berdomisi di Tanjungsari, dan delegasi dari beberapa kecamatan di wilayah kerja Kabupaten Sumedang.

Menurut Ketua Umum PAC GP Ansor Tanjungsari, Sahabat Ahmad Nashiruddin, hal tersebut merupakan jawaban untuk tren zaman yang saat ini sedang menggiring kita semua pada era Digital atau sering disebut Industi 4.0.

“Ditengah gempuran dari berbagai macam Ideologi Radikal yang gencar melalui media sosial, kami selaku kader GP Ansor harus dapat mengimbangi perkembangan tersebut dengan peluncuran portal tersebut diharapkan dapat menggimbani pertarungan wacana yang ada di media sosial”. Jelasnya.

Senada dengan yamg yang dikatakan Ketua Umum PAC GP Ansor Tanjungsari, menurut Sahabat Ali Mifka selaku pembina GP Ansor Tanjungsari mengatakan:

“Dengan adanya portal online yang dapat diakses oleh publik diharapkan dapat menjadi wadah produktif untuk mengakomodir dan menumbukah minat menulis dari kader GP Ansor. Karena bagaimanapun sebagai organisasi kader yang bermuatan Ideoligis, setiap kader dituntut untuk mengamalkan segala amaliah yang ada di Nahdalul Ulama dan menyampaikanya kepada masyarakat secara terstruktur, agar mengurangi kesalah pahaman dan konflik yang sering terjadi di tataran akar rumput”. Tuturnya.

“Selain itu, dalam portal tersebut disediakan pula beberapa rubrik, diantaranya: Warasatul Anbiya, isinya memuat ide-ide dan gagasan yang dibawa oleh ulama Internasional maupun Nasional dengan harapan kita sebagai warga Nahdiyin dapat mengenali ide dan gagasan dari buah pikiran mereka juga mampu meniru amaliahnya”.

“Selain itu, disediakan juga rubrik Profil Pesantren yang diharapkan dapat memperkenalkan lembaga pendidikan Pesantren baik itu tradisional maupun modern yang hari ini mulai tergerus oleh zaman. Ada juga rubrik yang khusus memuat tema keislaman yang memuat berbagai macam tema. Diantaranya An-nadhloh, Al-Hujjah, Al-Adzkar, Al-Afkar, Hikmah, Tarikh dan Muthola’ah yang semuanya akan memuat wacana intelektual dari tradisi Nahdatul Ulama. Terdapat pula rubrik Seni Budaya, Informasi Aktual dan Kontemporer”. Tambahnya

“Dengan adanya media tersebut, diharapkan seluruh kader GP Ansor Tanjungsari khususnya dan Sumedang pada umumnya, dapat berperan aktif untuk menjadi kontributor dalam mengisi konten tersebut, agar wacana-wacana dari Nahdatul Ulama dapat mengudara dan dapat diakses oleh semua orang”. Tutupnya (Syarif)

comments