Gus Sholah Wafat, Fahmi : Kita Kehilangan.

46

Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun. Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Solah dikabarkan menghembuskan nafas tetakhirnya di RS Jantung Harapan Kita 2 Februari 2020 pukul 22.05 WIB. Seperti terkomfirmasi dari akun media sosial @ipangwahid milik Irfan Asyari Wahid, putra Gus Solah.

Gus Solah yang lahir pada 11 September 1942 di Jombang, Jawa Timur dari pasangan KH Wahid Hasyim-Sholehah, adalah adik dari KH Abdurrahman Wahid atau Gusdur, Presiden Ke 4 Republik Indonesia dan Cucu Pendiri Nahdlatul Ulama.

Rasa duka cita juga dirasakan oleh H. Subhan Fahmi, anggota DPRD Kabupaten Garut. Dihubungi melalui sambungan telepon Fahmi mengatakan bahwa Gus Solah adalah salahsatu tokoh bangsa yang berpengaruh.

“Gus Solah adalah tokoh bangsa dari Nahdliyyin. Pemikiran dan jasa beliau untuk negara, sangat besar,” kata Fahmi.

Selain Cucu dari pendiri NU pada 31 Januari 1926 di Surabaya, Ayahnya, KH Wahid Hasyim, adalah Menteri Negara Urusan Agama dalam kabinet pertama Republik Indonesia. Wahid Hasyim juga turut dalam penyusunan rencana kemerdekaan RI sebagai anggota BPUPKI dan PPKI.

Gus Solah remaja lulus dari SMAN 1 Jakarta. Dia lanjut menimba ilmu di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan teknik arsitektur.

Gus Solah tercatat aktif berorganisasi. Pernah menjadi anggota senat mahasiswa ITB, Bendahara Dewan Mahasiswa ITB, Komisariat PMII ITB, Wakil Ketua PMII Cabang Bandung, serta anggota Dewan Pengurus Pendaki Gunung Wanadri.

Pada Pilpres tahun 2004, Gus Solah bersama Jenderal (TNI) Wiranto diusung PKB dan Partai Golkar menjadi calon prrsiden dan wakil presiden. PKB memutuskan mendukung pasangan ini setelah Gusdur dinyatakan tidak memenuhi syarat pencalonan oleh KPU RI. Namun, perolehan suaranya dibawah pasangan SBY – Jususf Kalla dan Megawati – KH Hasyim Muzadi. Kedua pasangan ini maju ke putaran kedua dan SBY – JK yang akhirnya keluar sebagai pemenang.

Diketahui dari berbagai sumber pemberitaan, sejak 2018, kesehatan Gus Solah kerap memburuk. Dia dirawat di RSUD Jombang, Jawa Timur karena sakit di bagian lambung. Dia lalu dirujuk ke RSCM Kencana, Jakarta. Kemudian pada Januari 2020, dia dirujuk ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta. Dan, akhirnya Gus Solah pun kembali ke pangkuan Allah SWT, menyusul kakaknya, Gus Dur.

comments