GP Ansor Siap Kawal Kedaulatan Pangan

102

JAKARTA, (AnsorJabar Online)

Sebagai Negara agraris, Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman hayati dan memiliki tanah yang subur di dunia sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan di dalam negeri bahkan sebagai kebutuhan pangan dunia.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas saat pembukaan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Halaqoh Nasional Pertanian kerjasama MPR RI dan GP Ansor di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Menurutnya, walaupun Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, akan tetapi persoalan pangan dan petani belum merdeka dan berdaulat.

“Faktanya, untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok rakyat Indonesia masih mengandalkan impor. Padahal impor selain menciptakan ketergantungan kepada negara lain juga makin menggerus hasil produksi petani,” kata Gus Yaqut sapaan akrabnya.

Pihaknya juga merasa prihatin, kendati Indonesia sudah merdeka namun kemerdekaan itu belum dapat dapat dinikmati seutuhnya oleh masyarakat petani.

“Untuk dapat mewujudkan kebangkitan nasional secara utuh, maka syaratnya kita harus membangkitkan terlebih dahulu kebangkitan pertanian di Indonesia,” tegasnya.

Pihaknya juga agar Presiden Jokowi mampu mewujudkan kedaulatan pangan dengan petani yang berdaulat dan sejahtera.

“Untuk itu kami tegaskan, GP Ansor siap mengawal NKRI harga mati dan kedaulatan pangan dengan petani yang berdaulat,” pungkasnya. (Ade Mahmudin)

Comments

comments