GP Ansor Mendunia, Gus Yaqut Kukuhkan Ansor Cabang Arab Saudi

700

Jeddah, (Ansorjabar Online)

Tekad Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor untuk melebarkan sayap organisasi di penjuru dunia sudah dimulai. Tidak tanggung-tanggung, untuk pertama kalinya cabang luar negeri yang dikukuhkan adalah Cabang Arab Saudi yang notabene merupakan jantung utama kaum wahabi.

Pengukuhan cabang Arab Saudi ini secara langsung dilakukan oleh Ketua Umum PP Ansor H. Yaqut Choulil Qoumas atau Gus Yaqut, Jum’at (10/02) di gedung Konjen RI Jeddah. Kehadiran Gus Yaqut bersama rombongan sejumlah pengurus Pimpinan Pusat ini mendapat sambutan yang hangat dari jajaran PCI NU Arab Saudi dan Konsulat Jenderal RI di Jeddah sebagaimana siaran video yang diunggah oleh PP Ansor.

Dalam sambutannya Gus Yaqut menegaskan, dirinya bersama rombongan pengurus PP Ansor sengaja datang ke Arab Saudi sebagai wujud keseriusannya untuk mengembangkan organisasi ditingkatan global.

“Ini menjadi program yang serius. Karena terus terang Saudi ini berbeda. Kita banyak undangan untuk mengukuhkan pengurus cabang istimewa pada beberapa Negara seperti Australi dan Malaysia dan minta dikukuhkan, tapi kita belum mau sebelum Saudi ini dikukuhkan”, kata Gus Yaqut.

Menurutnya, dirinya sengaja mengawali pengukuhan cabang luar di Arab Saudi sebagai tantangan dalam kaderisasi dan syiar islam ahlussunnah waljamaah di negeri wahabi.

“Ini bukan tanpa sebab. Kami ingin merasakan sensasi dalam melakukan kaderisasi dan mengkapanyekan islam aswaja di jantung Britania pemahaman wahabi. Dan terus terang Kami menyatakan ini hal luar biasa”, ujarnya.

Gus Yaqut mengajak kepada kader dan pengurus Ansor Arab Saudi untuk bersama-sama membesarkan dan berkhidmat dalam Gerakan Pemuda Ansor.

“Kita wakafkan sebagian hidup kita untuk gerakan pemuda ansor. Insyaalloh jalan menuju kemudahan kemakmuran dan kesuksesan itu tinggal satu langkah lagi. Banyak manfaat yang bisa dapat kita dapatkan dan sudah banyak bukti manfaatnya secara duniawi. Belum lagi urusan akhirat, insyaalloh syurga lah.  Kita yakini bersama masuk syurga dengan rombongan KH wahab Chasbullah”, imbuhnya.

Hadir dalam pembukaan acara perwakilan dari Konjen RI Jeddah, Pengurus PCI NU Arab Saudi, rombongan pengurus pimpinan pusat GP Ansor dari Jakarta serta pengurus dan kader Ansor Arab Saudi. Selain pengukuhan kepengurusan, dalam kesempatan tersebut juga diadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) sebagai salah satu syarat membuka cabang baru.

Untuk lebih menunjukan keseriusan dalam mengawal cabang baru ini, disampaikan oleh Gus Yaqut, PP Ansor secara berkala akan mengirimkan delegasi pengurus dari Indonesia.

“Insyaalloh bulan depan akan kita kirim 100 orang pengurus suapaya bisa silaturahim dapat bertemu kader di Saudi. Dan Insyaalloh tahun depan akan  akan dikirimkan 999 banser”, tuturnya

Pada saat yang sama, baik Konjen RI, PCI NU dan pengurus Ansor Arab Saudi menyambut baik dan menyampaikan rasa terimaksihnya dengan kehadiran langsung rombongan PP GP Ansor.

“Kami menyambut baik dan mengucapkan terimakasih dengan pembentukan GP Ansor Saudi. Ini akan memberi semangat bagi pengurus NU cabang istimewa. Kami minta kepada PP Ansor agar dapat membina anak muda menjadi organisatoris yang militandalam mengembangkan aswaja”, kata salah seorang perwakilan PCI NU Arab Saudi.

Hal yang sama disampaikan perwakilan pengurus Ansor Arab Saudi.

“Ini bukan karena kita menginginkan eksistensi saja tapi kita membutuhkan adanya kaderisasi yang berjalan. Mendapatkan arahan yang benar dalam kaderisasi dan juga mengelola organisasi untuk syiar ahlussunnah waljamaah”, katanya. (edi).

 

 

 

Comments

comments