“GP Ansor Kab. Sukabumi; Apel Kebangsaan sebagai Komitmen dan Keteguhan Ansor BANSER Terhadap NKRI..”

114

Sukabumi, Minggu, 29 November 2020 Gerakan Pemuda Ansor melaksanakan Apel Kebangsaan Virtual Se-Pulau Jawa. Kegiatan yang dimulai Pukul 09.00-12.15 WIB tersebut diikuti anggota Ansor Banser se Pulau Jawa. Terselenggaranya kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum Pimpinan Pusa Gerakan Pemuda Ansor Yakut Cholil Qoumas diharapkan mampu membangkitkan kembali kesadaran seluruh elemen bangsa akan pentingnya makna persatuan dan kesatuan.
Menurut Gus Yaqut, yang dikutip dari beritajatim.com mengatakan apel yang melibatkan kader inti GP Ansor tersebut sengaja digelar karena adanya perbedaan pandangan politik ataupun agama yang muncul akhir-akhir ini menyebabkan polarisasi di tengah masyarakat.
Menurutnya, jika kondisi ini tak diantisipasi sejak dini dan kurang disikapi dengan baik, maka sangat mungkin akan mengoyak tatanan persatuan bangsa.
“Apel ini untuk mengingatkan kembali kepada seluruh elemen bangsa bahwa menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan pandangan politik ataupun agama adalah satu-satunya cara yang harus dipertahankan,” tandas Gus Yaqut, panggilan akrabnya.
Lewat Apel Kebangsaan, pihaknya juga mengingatkan kepada semua pihak bahwa dialog adalah jalan terbaik untuk menyelesaikan persoalan bangsa. Untuk itu, lanjutnya, GP Ansor dan Banser mengimbau kepada semua pihak untuk menghindari aksi-aksi pemaksaan dan kekerasan demi kepentingan politiknya.
Gus Yaqut menegaskan, imbauan tersebut penting karena bangsa Indonesia juga akan memiliki gawe besar, yakni pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Di tengah agenda demokrasi di masa pandemi ini, pihaknya juga mendorong agar masyarakat saling menjaga protokol kesehatan yang telah disepakati bersama, bukan malah merusaknya sehingga mengakibatkan penanganan Covid-19 kian banyak menghadapi kendala. Pungkasnya (sumber: beritajatim.com/Jumat, (27/11/2020)
Meski Apel Kebangsaan ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan ini akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Yang bertindak sebagai inspektur upacara pada Apel Kebangsaan ini adalah Sekretaris Jenderal Abdul Rochman, sedangkan Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas akan menyampaikan orasi kebanggsaan.
Selanjutnya, di Sukabumi Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Kabupaten Sukabumi Sahabat Farhan Zayyid, S.E M.M. menindaklanjuti instruksi Pimpinan Pusat tersebut dengan menggelar Apel Kebangsaan di Kantor PCBU Kab. Sukabumi Lt. 2 yang diikuti oleh 60 anggota BANSER dari utusan PAC se-Kabupaten Sukabumi.
Menurut Kang Farhan sapaan akrabnya, “Apel kebangsaan ini merupakan bukti nyata kecintaan, komitmen dan keteguhan kita sebagai kader Ansor Banser terhadap NKRI, serta mengajak seluruh elemen bangsa untuk memegang teguh konsensus Negeri, menjaga persatuan dan kesatuan ditengah kemajemukan dan perbedaan. “jadikan perbedaan sebagai kekuatan, karena sejatinya perbedaan adalah sebuah potensi besar untuk mewujudkan Islam Rahmatan lil ‘Alamiin”, ungkapnya.
Lebih lanjut Ketua menegaskan “Kader Ansor Banser harus jadi garda terdepan membela NKRI dan Kyai, Apel kebangsaan merupakan statement yang jelas akan hal tersebut. Banser adalah kader inti GP Ansor, patuhi pimpinan dan masuk kedalam satu barisan satu komando bela agama, bangsa dan negeri”.
“Manifestasi bela Agama salah satunya ialah jangan kita membiarkan ada kelompok yang mengatasnamakan Agama atau umat yang hendak merongrong konsensus negeri serta menciderai persatuan dan kesatuan, dan jika ada kelompok tersebut maka bagi Kader Ansor Banser hanya ada satu kata LAWAN”. Tandasnya.

Sukabumi, 29 November 2020
Pewarta: Tim Media GP Ansor Kabupaten Sukabumi
Editor: Akbar Taslim

comments