Gandeng Lakpesdam NU, PC ISNU Indramayu Bedah Buku Sejarah NU Jawa Barat

Gandeng Lakpesdam NU, PC ISNU Indramayu Bedah Buku Sejarah NU Jawa Barat

Indramayu – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PWNU) Kabupaten Indramayu, menggelar bedah buku berjudul “Sejarah Nahdlatul Ulama Jawa barat”, karya Budi Sujati M Hum dan Dr Ajid Tohir M Ag. Sabtu (25/09).

Acara yang berlangsung di Aula STKIP Pangeran Dharma Kusuma Desa Segeran Kidul Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu tersebut menghadirkan langsung dua orang penulis buku tersebut, yakni Dosen STKIP Pangeran Dharma Kusuma Budi Sujati dan Dosen UIN Bandung Dr. Ajid Tohir. Selain itu, tampak hadir Ketua PC NU Kabupaten Indramayu H. Juhadi Muhammad, Kepala SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Amin Hidayat, Ketua HPN Indramayu M. Mustofa, Pengurus PC ISNU Indramayu dan Pengurus Lakpesdam NU Indramayu.

Adapun peserta bedah buku tersebut terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pengurus Banom NU, Lembaga NU, hingga masyarakat umum.

Sekretaris Lakpesdam PCNU Indramayu Akhmad Rifai mengatakan, dasar pemikiran diadakanya bedah buku ini adalah karena masih banyak masyarakat, khususnya generasi muda NU belum memahami sejarah NU khususnya sejarah NU Jawa Barat. Karena menurutnya, mengenal sejarah dan tokoh-tokoh NU adalah salah satu langkah untuk menghargai perjuangan para Ulama NU dan meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara.

“ Para peserta dikenalkan tentang bagaimana pendahulu kita rela mengorbankan tenaga, materi, bahkan darah, demi perjuangan dan kemerdekaan bangsa ini dan juga membesarkan NU.” tuturnya.

Senada dengan Pay, Ketua PC ISNU Kabupaten Indramayu Taufiq Zaenal Mustofa menjelaskan bahwa acara bedah buku “ Sejarah NU Jawa Barat “ ini sangat penting untuk membuka wawasan warga nahdliyin terutama generasi muda NU.

“ Supaya memahami latar belakang sejarah lahirnya NU di Jawa Barat.

Selain itu juga untuk memperkuat amaliyah, fikrah dan harakah nahdliyah dalam menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat dan dinamis,” katanya

Sementara Ketua PCNU Kabupaten Indramayu H Juhadi Muhammad mengapresiasi acara bedah buku tersebut, apalagi perdana di Indramayu.

“ Selama tiga periode saya menjadi Ketua PCNU Indramayu, baru kali ada acara bedah buku Sejarah NU Jawa Barat.” jelasnya.
H Juhadi juga menyambut bangga atas lahirnya buku “ Sejarah NU Jawa Barat.”.

Menurutnya buku tersebut sangat memberikan manfaat bagi warga NU untuk mengetahui informasi sejarah perkembangan NU di Jawa Barat.

“ Saya mewakili KBNU Indramayu, menyambut bangga dan berterimakasih. Kiai dan masyarakat NU berterimakasih. Paling tidak, buku ini dapat menghantarkan mengetahui sejarah suatu bangsa dalam hal ini tokoh tokoh yang mengembangkan NU di Jawa Barat dan kita dapat memahami kemudian meneladi garis perjuangan sejarah mereka.

Acara yang dikemas dengan santai tetapi tetap serius ini berlangsung tertib dan lancar. Respon dari peserta juga sangat positif, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan.

comments