Filosofi Titik Ba’ dan Nun Pada Surat Al-Fatihah

78

Filosofi Titik Ba’ dan Nun Pada Surat Al-Fatihah

Oleh : Tb. Seda Ahmad Ziad
Tahukah Anda huruf pertama dan terakhir pada surat Al-Fatihah? Iya, huruf pertama surat Al-Fatihah adalah huruf Ba’ karena ayat pertamanya adalah bacaan basmallah. Sedangkan huruf terakhir pada surat Al-Fatihah adalah huruf Nun. Perhatikanlah titik pada huruf Ba’ dan Nun. Kita bisa mengambil filosofi hidup tentang kepemimpinan di situ.
Filosofi titik Ba’ adalah seseorang yang berasal dari kalangan bawah, tapi berjiwa sosial tinggi. Di bawah, dia selalu menjunjung tinggi kepentingan orang banyak daripada kepentingan dirinya sendiri. Menghargai jasa dan tugas semua makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Sambil menjunjung tinggi, dia terus berjalan. Melewati hari-hari dengan sifat yang Allah turunkan padanya yaitu sifat kasih dan sayang (Ar Rahman dan Ar Rahim) terhadap semuanya. Betapa berat dan besar rintangan yang ada di depan, dia tetap menerjangnya melewati jalan yang lurus (Shirathal Mustaqim) hingga sampailah pada tempat di mana dia harus berhenti.

Filosofi titik Nun adalah seseorang dari titik Ba’ yang telah berada di atas. Sekarang semua orang bahkan semua makhluk menjunjung tinggi dan menghargainya karena jasa-jasanya selama menjadi titik Ba’

Jadilah seperti titik Ba’ yang ikhlas, kelak kau akan menjadi seperti titik Nun

 

Comments

comments