Direktur Pusat Pengembangan Karir Universitas BSI Bekali Pelajar Bandung Barat tentang Shoft Skill

221

Cililin, (Ansorjabar Online),- Kesuksesan seseorang dibidang apapun tidak hanya didukung oleh pengetahuan dan kemampuan teknis semata, namun dibutuhkan pula pengelolaan potensi diri beserta membangun hubungan dengan orang lain, yang dinamakan dengan Soft Skill.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Pusat Karir BSI dalam pelatihan kepemimpinan Berbasis Soft Skill yang digelar Oleh Keluarga Mahasiswa Kabupaten Bandung Barat (Kembara) bekerjasama dengan Yayasan Sindangsalam, Sabtu (17/12) di Ponpes Al-Falah, Cililin, Bandung Barat.

Menurut Kang Heri – sapaan akrabnya – kemampuan soft skill yang meliputi kemampuan kerjasama dalam kelompok, kemampuan komunikasi, dan hubungan interpersonal merupakan syarat yang tidak bisa ditawar lagi untuk mengisi ruang manapun.

“Seseorang yang mempunyai karakter yang matang dan soft skill yang baik sehingga akan dapat diterima dengan baik oleh lingkungannya, baik di keluarga, dunia kerja, lingkungan masyarakat dan juga Negara”, ujarnya.

Dikatakan oleh Ketua ISNU Bekasi yang produktif menulis buku seputar enterprenership ini, saat ini banyak kisah suskses para elsekutif muda dunia yang tidak lagi semata-mata oleh faktor kualitas akademik, namun berupa faktor kepercayaan diri, daya adaptasi, kepemimpinan, dan kemampuan mempengaruhi orang lain yang membuat seseorang melejit mendapatkan karir yang gemilang.

Acara yang diikuti sekitar 100 orang-an pelajar tingkat atas (SMA/SMK/MA) se Bandung Barat ini mendapatkan respon dari peserta dengan cukup antusias. Setelah penyampaian materi, tidak sedikit para pelajar yang mengajukan pertanyaan dan kiat-kiat meraih karir sukses baik karir akademik maupun karir di dunia kerja.

“Saya sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini. Banyak informasi dan bekal yang didapatkan dalam mempersiapkan diri untuk berkarir dimasa yang akan dating”, ucap Rini perwakilan dari MAN Cililin.

Sementara itu, Ketua Kembara Ahmad Zaenudin menuturkan bahwa kegiatan dengan segmen pelajar di Bandung Barat ini merupakan salah satu program rutin setiap tahunnya digelar oleh KEMBARA sebagai bagian dari pengabdian organisasi untuk memberikan wawasan baru kepada para pelajar selain pengetahuan yang didapatkan di bangku sekolah.

“Kegiatannya bisa berbentuk pelatihan dengan mengundang para pelajar di lokasi tertentu, adakalanya kami juga menggelar roadshow berkunjung ke tiap sekolah. Harapannya selain mengajak pelajar untuk giat dalam aktifitas sosial kemasyarakatan juga memberikan wawasan baru seputar informasi terkini bagi mereka”, kata Ahmad.

Rencananya pada bulan mendatang, lanjut Ahmad, akan dilaksanakan kegiatan Try Out persiapan ujian nasional dan Bimbingan Masuk PT bagi pelajar kelas akhir se Bandung Barat. (Lutfi/Rus).

Comments

comments