Dihadiri Jajaran PCNU, Ansor Pangandaran Rumuskan Visi Gerakan

195

Pangandaran,- Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pangandran menggelar silaturahmi Pra-Rakercab bersama para kiai, PCNU, dan jajaran Dewan penasehat Ansor, Rabu (23/11), di Graha sahabat Ansor, Pangandaran.

Ketua Pelaksana Muhlis Nawawi mengatakan pertemuan Silaturahim dan Pra-Rakercab GP Ansor ini diikuti oleh seluruh Pimpinan Cabang dan Pimpinan Anak cabang (PAC) Ansor se Kabupaten Pangandaran.

“Melalui pertemuan ini diharapkan ada akumulasi ide dan gagasan bersama dari segenap stakeholder untuk gerakan Ansor Pangandaran ke depan. Disini juga hadir jajaran PCNU dan Dewan Penasehat mudah-mudahan dapat lebih memberikan arahan untuk lebih menajamkan visi kedepan”, kata Muhlis.

Dalam sambutannya Ketua PC GP Ansor Pangandaran Encep Najmudin menegaskan dibawah kepemimpinannya bertekad untuk berperan mendorong terciptanya tata peradaban baru salah satu kabupaten  wilayah Priangan Timur yang banyak dikunjungi wisatawan ini.

“Rumusan Visi ini tentu saja tidak berangkat dari ruang hampa melainkan hasil bacaan-bacaan kita terhadap realitas sosio-kultural masyarakat. Disisi lain heterogenitas masyarakat dimana ratusan ribu bahkan jutaan orang yang datang ke Kabupaten ini, tentu ini mempunyai pengaruh besar terhadap nilai-nilai peradaban lokal Pangnadaran”,  paparnya.

Dalam forum ini, beberapa hal penting dibahas secara utuh dan menyeluruh terkait Kaderisasi, Pelatihan dan Pendidikan, konsolidasi organisasi, dan arah gerakan sosial kemasyarakatan sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

“Selain itu, syiar keagamaan Ansor harus menjadi garda terdepan dalam menjaga ulama, juga soal perberdayaan ekonomi kader dan anggota”, lanjutnya.

Ditempat yang sama. Ketua PCNU Pangandaran Kiai Fauzan M. Aziz memberikan arahan agar GP Ansor sebagai banom NU harus senantias mempersiapkan diri melanjutkan perjuangan para ulama terkhusus Ulama NU dan Warga Nahdhiyin. Selain itu, Ansor harus senantiasa pro aktif dalam pembangunan masyarakat di Pangandaran.

“Diharapkan Ansor dapat mengawal program dan kebijakan-kebijakan pemerintah untuk memperjuangkan keadilan terhadap masyarakat, menjadi penengah situasi sosial kemasyarakatan dalam menjaga keamanan, kedamaian dan ketentraman masyarakat”, Kata Kiai Fauzan M. Aziz.

Hal yang sama, Rois Syuriyah PCNU KH. Udin Nawawi memberikan tausyahnya agar Ansor menjadi menjadi organisasi yang mandiri, memiliki tekad kuat menjaga dan meneruskan perjuangan ulama NU.

“Tugas utama Ansor berkhidmat kepada ulama, beramal untuk masyarakat, serta berdakwah Islam Nusantara yang rahmatan lilalamin”, tuturnya. (Jenal/Rus)

comments