Deni Ahmad Haidar : Organisasi Tidak Cukup Mengandalkan Kekuatan Massa

790
Banjar-, Dinamika kehidupan yang kian kompetitip mengharuskan organisasi Ansor mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dengan menyiapkan sumberdaya yang tangguh.
“Walaupun jamaah NU di Jawa Barat merupakan mayoritas, namun faktanya kita secara ekonomi dan politik masih menjadi minoritas. Maka menjadi keniscayaan bagi Ansor sebagai pilar kaderisasi NU untuk terus memperkuat sumberdaya organisasi secara lebih baik dan berkelanjutan”, kata Deni dalam dalam amanatnya pada pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) V Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Banjar di Pondok Pesantren Manarul Huda, Kota Banjar, Jum’at (16/12).
Dikatakan oleh Deni, setidaknya ada tiga konsentrasi utama yang harus diseriusi oleh masing-masing cabang dalam menggerakkan roda organisasi. Pertama adalah kaderisasi.
“Kaderisasi harus terus digalakan. Jangan pernah lelah. Karena hanya dengan kaderisasi yang akan menjadi kekuatan inti NU dimasa yang akan datang”, tegasnya.
Konsentrasi kedua adalah konsolidasi organisasi. Menurutnya, hingga akhir 2017, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor menargetkan pimpinan rantin sudah terbentuk. Dan yang ketiga, Perebutan Sumber Daya.
“Konsolidasi yang massif hingga akar rumput harus dibarengi dengan penguatan sumberdaya yang baik. secara intelektual maupun kapasitas skill-nya untuk mengisi sektor-sektor strategis kehidupan publik”, jelas Deni.
Deni juga mengajak kepada seluruh kader Ansor Kota Banjar dapat melangsungkan konferensi sesuai dengan akhlaq para ulama.
“Mari berkonfercab sesuai akhlaq para ulama. Toleransi ke luar kita kuat, namun jangan sampai rapuh ke dalam. Karena itu terus perkuat toleransi baik keluar, maupun ke dalam. Kualitas demokrasi tertinggi itu ya musyawarah mufakat”, tuturnya.
Hadir dalam pembukaan ini jajaran Syuriah dan Tanfidziyah PCNU, wakil walikota, pimpinan parpol dan OKP di Kota Banjar.
Selain itu hadir pula unsur pengurus Ansor, diantaranya Hendrik Kurniawan, Yudistira (PP Ansor), Johan Anwari, Dandeu Rifai, Agus Djaelani, Ansor Ramdhani (PW Ansor Jabar), Ricki Assegaf (Ketua PC Ansor Kota Tasik dan yang lainnya).
Acara dilanjutkan dengan Konferensi yang salah satu agendanya memilih Ketua  PC GP Ansor Kota Banjar masa khidmat 2017-2021. (Ramdhani/Rus)

comments