Dengan Media Yang Sederhana, Ansor dan Banser Bersama Dosen ITB Budidayakan Ikan Lele dan Kangkung

50

Dengan Media Yang Sederhana, Ansor dan Banser Bersama Dosen ITB Budidayakan Ikan Lele dan Kangkung

Difasilitasi dosen institut Teknologi Bandung (ITB) DR. M. Islahuddin, Satkoryon Banser Parongpong Kabupaten Bandung Barat melaksanakan budidaya ikan lele dan kangkung. Tepatnya di Desa Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Media budidaya Ikan Lele dan Kangkung tersebut memakai media yang sederhana. Ikan Lele dibudidayakan dalam ember dengan ukuran cukup diatasnya ditanami kangkung.

Kepada kami, Ketua PAC Gerakan Pemuda Ansor Parongpong mengatakan pelatihan tersebut telah dilaksanakan sejak tanggal 1 Mei 2020 yang lalu.

“Tujuan awalnya tentu tidak dipungkiri akibat pandemi korona. Banyak sahabat sahabat kita apalagi yang jadi buruh pabrik yang tentunya kesulitan secara ekonomi. Bahkan ada yang juga kena PHK. Nah pelatihan ini untuk menjadi sumber ketahanan pangan masyarakat,” kata Ketua PAC Parongpong, Gari Abdul Jabbar.

Gari menyebutkan awalnya pelatihan ini untuk kader Ansor dan Banser. Tetapi sekarang banyak masyarakat umum yang juga tertarik untuk ikut pelatihan.

“Akhirnya anggota Banser yang sudah mahir menjadi fasilitator pelatihan untuk maayarakat,” ujarnya.

Dalam sehari pelatihan dilaksanakan dalam dua sesi. Yang pertama pada pukul 10 pagi dan yang sesi kedua, pukul 14 atau jam 2 siang.

“Setiap sesi selama 1 jam. Pesertanya 4 orang,” kata Gari.

Modal pelatihan sepenuhnya ditanggung secara swakelola.

“Modal awal dari Kang Islah. Tempat pelatihan itu dari Ibu Rini,” ungkapnya.

Gari tidak memungkiri kedepannya usaha ini akan di produksi dalam jumlah yang besar untuk keperluan usaha kader dan masyarakat.

“Ya mudah mudahan kedepannya akan apabila sudah siap diproduksi dalam jumlah besar untuk tujuan ekonomi,” jelasnya.

comments