Dengan Bershalawat Nabi, GP Ansor Bandung Barat Bisa “Ngaji Diri, Boga Jatidiri dan Mandiri”

139

CIHAMPELAS, (Ansorjabar Online)- Ada pemandangan lain pada Senin (12/06/2017) malam di Kampung Cicalengka, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Bandung Barat. Sejak sore, kemeriahan cukup nampak di lingkungan Masjid Al-Ikhlas, lokasi Kecamatan Bershalawat Nabi Ansor Bandung Barat yang dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang Cihampelas.

Kelompok anak-anak, remaja, pemuda dan orang tua berdatangan ke lokasi. Pada siang hingga sore hari, panitia menggelar bakti sosial dengan membersihkan masjid, juga diadakan pula lomba hadroh dan terbangan.

Menginjak acara malam hari, selepas shalat tarawih usai, masyarakat kian berbondong-bondong. Syair shalawat nabi bergema dilantunkan kelompok hadroh dan terbangan dari pasukan banser. Semua larut bersenandung shalawat bersama.

Dalam sambutan pembukaan, ketua PAC Ansor Cihampelas merasa bersyukur dapat menggelar hajat ini, walaupun dengan persiapan hanya seminggu. Kehadiran masyarakat yang cukup membludak, Menurut Sambas, merupakan wujud kepercayaan masyarakat kepada organisasi Ansor.

“Sangat bersyukur dengan antusiasme masyarakat yang luar biasa sejak siang sampai malam hari ikut berpartisipasi mengahadiri acara. Ini merupakan amanat bagi kita, agar kader Ansor senantiasa berkhidmat untuk kepentingan ummat dan masyarakat,” kata Sambas.

Kehadiran masyarakat, kata Sambas, merupakan energi bagi Ansor sendiri. Senada dengan Sambas, Kasatkorcab Banser Maman Budiman mengajak kepada kader Ansor untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan.

“Yakinlah hanya dengan kebersamaan, kita akan semakin kuat dan kokoh untuk meneruskan perjuangan para ulama dalam situasi dan kondisi apapun,” ujar Maman.

Warga yang hadir tidak hanya dari yang terdekat, namun juga dari luar kecamatan Cihampelas. Diantaranya, Yayat dari Sindangkerta. Yayat sengaja datang dengan 3 orang temannya.

“Ngalap berkah aja dengan shalawatan dan taholabul ilmi. Saya tahu dari spanduk dijalan. Sekalian juga ingin tahu tentang ansor dan banser yang sekarang rame diberitakan,” ucap Yayat

Mewakili unsur pemerintahan, hadir kepala Desa, ketua RT/RW dan juga Kepala KUA Kecamatan Cihampelas.

Kepala KUA Cihampelas yang didapuk sambutan, mengajak hadirin untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat dari Alloh.

“Semoga tekad perjuangan sebagaimana dilakukan GP Ansor dalam menjaga NKRI senantiasa ada dalam Lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Sementara itu, Rois Syuriah PCNU KBB KH. Aa Maulana dalam taushiahnya mengamanatkan kepada kader Ansor untuk bersyukur menjadi bagian dari pergerakan Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan Hadlratusyekh KH. Hasyim Asy’ari. Sebagaimana keberadaannya dinisbatkan kepada sahabat nabi, yaitu kelompok Ansor yang melindungi perjuangan dakwah Islam, Aa Maulana mengingatkan agar kader Ansor terus berjuang mengawal islam ahlussunnah waljamaah al-nahdliyyah yang diusung NU.

Dengan mengutip sebuah hadist, Aa Maulana mengatakan “hubbul Ansor minal Iman, Ghodbul Ansor Mina al-nifaq” (mencintai ansor bagian daripada iman, membenci ansor bagian daripada orang munafik). Berdasarkan keterangan Syekh Nawawi dalam kitab fatawi madaniyah, hadist tersebut terus berlaku hingga kiamat.

“Jadilah kader Ansor yang rela berjuang membela agama (Islam Aswaja al-nahdliyyah), sebagaimana kaum Ansor-nya sahabat nabi,” kata Aa Maulana.

Aa berharap, dengan kegiatan Bersholawat nabi, Ansor Bandung Barat dapat ngaji diri,boga jatidiri dan lebih mandiri.

“Semoga berkah shalawat nabi, segala cita-cita perjuangan Ansor dapat tercapai,” pungkasnya. (edi)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
101

Comments

comments