Cetak Generasi Muda NU Yang Handal, GP Ansor Kota Bekasi Gelar PKD

515

BEKASI – Puluhan anak muda Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan calon kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bekasi mendapat penggemblengana Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Dalam pelatihan itu, para peserta akan menerima pemahaman tentang ke-NU-an, ke-Anshor-an, Ahlus Sunnah Wal Jamaah (Aswaja), sampai penguatan wawasan kebangsaan seperti ke-Bhineka Tunggal Ika-an dan NKRI.

“Semua materi yang kita berikan pada acara PKD ini, diharapkan mampu menjadi bekal dan pemikiran calon kader GP Ansor dalam melaksanakan tugas organisasi sesuai cita-cita para pendiri organisasi ini,” kata Ketua Panitia PKD, Ahmad Tabroni pada saat memberikan sambutan pembukaan PKD yang berlangsung di Auala Kampus Bersama STIE Tribuana, Margahayu, Bekasi Timur, Jumat (26/8/2016) malam.

Menurutnya, kegiatan kaderisasi ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari hari ini tanggal 26 hingga Minggu 28 Agustus 2016 mendatang. Sementara itu, untuk pengisi materi atau instruktur didatangkan langsung dari Pimpinan Wilayah (PW) Ansor Jawa Barat, Pimpinan Pusat (PP) dan beberapa unsur profesional lainya sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Alhamdulillah, perwakilan PW dan PP juga hadir dalam acara ini dan mereka akan menjadi pemateri sekaligus memberikan motivasi kepada calon kader Ansor agar mengenal dan memahami lebih jauh lagi mengenai organisasi GP Ansor ini,” jelasnya.

Tabroni menambahkan, pelatihan kader tersebut diharapkan memberi pengalaman berharga pada para peserta bahwa mereka tidak hanya sekedar untuk mencari ilmu, tapi sedang diberi contoh langsung bagaimana moral kepemimpinan dibentuk dan cara menghidupkembangkan organisasi, yakni lewat materi pelatihan dan fakta kongkrit yang berkembang di lingkungan mereka masing–masing, terutama perkembangan ahlusunnah wal jama’ah ala NU.

 “Kali ini kami memakai metode yang meliputi ceramah, tanya jawab, diskusi, permainan, dan multimedia, diantaranya dengan study kasus, karena kami yakin semua itu akan menjadi bekal bagi seorang pemimpin yang sekaligus bisa kami harapkan untuk bisa memegang estafet kepemimpinan dimasa mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Muhammad Jufri Ketua GP Ansor Kota Bekasi mengatakan, pelatihan ini selain pada tataran teknis pematangan ideologi dan pengkaderan secara terstruktur perekrutan anggota baru juga diarahkan pada terbentuknya forum komunikasi antar pengurus PC, PAC dan Ranting secara otomatis yang konsisten dan militan.

“PKD ini merupakan upaya kaderisasi yang bertujuan untuk mengkonsolidasi kaum muda NU serta penguatan keilmuan kader muda NU. Selain itu, untuk memperkuat jaringan intelektual muda NU yang tangguh dan handal menghadapi perkembangan zaman sebagai kaderisasi penggerak NU di masa mendatang,” ungkapnya.  Rencanaya sabung Jupri, pelatihan ini juga akan diselenggarakan kembali dalam waktu dekat. Oleh karena itu, ia memanggil kepada kaum muda NU agar bisa ikut bergabung untuk bersama-sama mengembangkan Ansor di Kota Bekasi.

“Mudah-mudahan pelatihan ini mampu mencetak kader muda yang berkualitas dan siap menjalankan amanah serta memegang estafet kepemimpinan sebagai pengurus NU.

Sehingga organisasi NU ini bisa terus berjalan dengan baik seiring dengan perkembangan zaman dan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegasnya.

 Tim Pemberitaan GP Ansor Kota Bekasi

comments