Cecep Hidayatussolihin: Kebijakan Pendidikan Mesti Jadi Prioritas

78

Purwakarta, (ansorjabar online)
Cecep Hidayatussolihin, Ketua Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Purwakarta mengkhawatirkan pemimpin yang akan datang tidak dapat menciptakan pendidikan berkarakter. Sebab pendidikan karakter ini harus ditempatkan pertama.

“Selama ini, infrastruktur yang menjadi prioritas utama pembangunan, sedangkan di bidang pendidikan belum menyentuh pada akar rumput dalam pembentukan karakter tersebut,” ujar Cecep saat ditemui di sekretariatnya, Sabtu (28/4/2017).

Menurutnya, pendidikan karakter merupakan hal yang paling utama dan sangat penting dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan berakhlakur karimah. Hal yang mesti menjadi prioritas pembangunan di masa yang akan datang. Sebab, dia menilai pendidikan hari ini masih belum mengarah pada pembentukan karakter anak.

“Saya rasa, pemerintah harus serius merancang formula atau kebijakan yang menekankan jiwa nasionalisisme, keislaman yang kaffah, dan cinta pada tanah air. Saat ini, nilai-nilai itu tidak melakat pada jiwa pelajar,” bebernya.

Cecep menambahkan, pendidikan karakter yang dimaksud adalah mengajarkan pada siswa tentang karakter personal seperti hidup jujur dan memiliki budaya antre, karakter sosial yakni memiliki tanggung jawab sosial dan menghargai perbedaan serta pendapat orang lain serta menumbuhkan sikap nasionalisme. (ns)

Comments

comments