Bersikap Bijaklah dalam Menghadapi Masalah

34

Jika hari ini kita merasakan kesusahan, kesulitan disebabkan oleh kegagalan, atau berbagai hal yang menyayat hati mampir dalam kehidupan kita.

Janganlah bersedih atas apa yang terjadi dan yang terlewat, dan jangan terlalu bahagia atas apa yang didapat.

Karena bisa jadi kebagahagiaan yang hakiki datang mengisi pada hati yang bersedih, demikian juga bisa jadi kesedihan datang mengisi hati yang tengah berbahagia.

Meski demikian, janganlah kita takut menghadapi setiap keadaan, karena memang demikianlah dunia ini adalah rumah ujian bagi orang-orang yang beriman.

Rumah yang di penuhi episode berbagai persoalan, tempat dimana Allah SWT menyediakan berbagai ujian, untuk memilih hamba-hamba-Nya yang baik, dan untuk menguji kualitas keimanan seorang hamba-NYA, untuk mencapai derajat taqwa.

Terkadang dalam perjalanan kehidupan ini, kita dihadapakan pada sesuatu yang tidak disukai namun dibalik itu ada manfaat dan baik untuk kita.

Oleh karena itu, jika disikapi segala sesuatu dengan hati bersih,dan memetik hikmah dari setiap kejadian, akan membuat hidup semakin bermakna, dan mejalani hidup pun makin manfaat.

Allah SWT Berfirman: “Boleh jadi kalian Tidak Menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kalian menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah Mengetahui sedangkan kalian tidak mengetahui.” (Q.S Al-Baqarah: 216).

Bijaklah menghadapi segala sesuatu dan pandailah kita bersyukur dengan istiqamah, membawa diri, mendayung jiwa raga dengan akhlaq mulia, menuju pelabuhan hidup yang selamat dunia dan akhirat.

Tb. Seda Ahmad Ziad

Comments

comments