BERKURBAN ADALAH JALAN MENUNJUKAN KETAQWAAN TERHADAP ALLAH SWT

48

BERKURBAN ADALAH JALAN MENUNJUKAN KETAQWAAN TERHADAP ALLAH SWT

Hari Jum,at tanggal 1 September 2017 Masehi adalah hari raya Idul Adha. Umat Islam biasa juga menyebut hari raya ini dengan sebutan Idul Qurban. Hari raya ini sangat ditunggu umat Islam di seluruh dunia dan dirayakan dengan penuh suka cita.
Idul Adha mengingatkan kita pada kisah nabi Ismail alaihissalam yang memiliki ketaatan terhadap kedua orang tuanya,yaitu nabi Ibrahim A.S dan Siti Hajar. Dimana pada saat itu nabi Ismail A.S dengan penuh ketaatan bersedia mengorbankan dirinya guna memenuhi perintah Alloh SWT.
Nabi Ibrahim A.S mendapatkan perintah Alloh SWT yang datang lewat mimpinya. Pada saat perintah itu dating nabi Ismail A.S berumur 7 Tahun. Nabi Ibrahim sangat menyayangi putranya,tapi beliau sadar “Tidak ada nikmat sedikitpun kalau tidak mentaati perintah Alloh SWT sang penciota alam semesta”. Atas dasar keikhlasan tersebut akhirnya Alloh SWT menggantikan nabi Ismail A.S dengan seekor kambing,yang sampai hari ini kita peringati dengan nama hari raya Idul Adha/Idul Qurban.
Semua kejadian itu pasti ada hikmah yang bisa kita ambil. Berkurban bisa kita jadikan sebagai jalan kita untuk menunjukan ketaqwaan terhadap Alloh SWT dan menjauhkan dari panasnya api neraka. Dalam hadist yang diriwayatkan dari ali al- Husein bin ali,bahwa rosululloh SAW bersabda “ Barang siapa berqurban dengan lapang dada (senang hati) dan ikhlas hanya mengharap pahala dari ridha alloh,maka dia akan dihijab dari neraka (H.R At Thabrani ).
K. Ridwan Nurohman ( Ketua rijalul Ansor PC GP Ansor Kuningan )

Comments

comments