Benarkah Gus Dur keturunan Raja Pasundan? Inilah pengakuannya

1143
Gus Dur dikenal tokoh yang kerapkali melontarkan ucapan kontroversial dan dan juga sikapnya yang nyeleneh, bahkan pada saat tertentu terasa aneh dan tidak masuk akal. Dengan percaya diri misalnya Gus Dur mengaku memiliki darah Tionghoa, Dayak, Pasundan, Batak serta beberapa Suku dan etnis lainnya.
Seperti yang diceritakan oleh Cendekiawan Muhammadiyah Abdul Munir Mulkhan saat sama-sama menjadi narasumber seminar tentang Pancasila di Universitas Parahyangan Bandung.
Saat tiba giliran Gus Dur unjuk bicara, disela-sela penyampaiannya dengan serius Gus Dur menjelaskan bahwa dirinya adalah keturunan raja-raja Pasundan. Sontak membuat semua yang hadir merasa aneh dan tak masuk akal. Termasuk seorang ahli sejarah Pasundan yang hadir saat itu meragukan pernyataan Gus Dur tersebut.
Ia meminta kepada Gus Dur untuk untuk menunjukan referensi yang jelas atas pengakuannya itu. Ketika ditanya hal itu, Gus Dur dengan enteng menjawab bahwa sumber informasinya didapatkan dari seorang juru kunci. Mendengar jawaban tersebut, semua peserta seminar pun tertawa lepas.
Terlepas benar atau salah dari ucapannya, itulah cara Gus Dur untuk untuk menunjukan empati pada ragam budaya, etnisitas dan religiositas. (edi rusyandi).

comments