Benahi Organisasi, IPNU Jawa Barat Luncurkan Data Base Kaderisasi Berbasis Online

88

BANDUNG,ansorjabar online- Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Barat meluncurkan (SIKAD) Sistem Informasi dan Kaderisasi Ini adalah sebuah database Kaderiasi dan Kegiatan Organisasi bersifat online yang menyajikan data statistik Kaderisasi dan parameter kegiatan IPNU di semua tingkatan di Jawa Barat,sistem ini bisa di akses di situs ipnujawabarat.or.id .

Sekertaris PW IPNU Jawa Barat Rizki Topananda mengatakan, ini adalah database Kaderisasi dan Informasi online yang menyajikan data seluruh Kader dan parameter Kaderisasi dalam 3 tampilan data, yaitu peta spasial, tabel dan grafik.

“Kita sudah lakukan pendataan dan memulai merancang sistem ini dari tahun lalu. Jadi ada proses pengumpulan data yang sangat panjang. Mulai dari data Jumlah Kader, Potensi Kader dan kegiatan Kaderisasi IPNU di Jawa Barat sekarang kita berpikir bahwa harus ada pembenahan soal data, karena selama ini kita lemah di wilayah itu” ujar Rizki di Gedung PWNU Jawa Barat, Rabu (9/10/2019).

Rizki mengatakan, melalui sistem ini juga setiap kader yang telah mengikuti kaderisasi bisa otomatis bisa mencetak Sertifikat dan Kartu Anggota melalui sistem ini, sistem ini juga menyediakan Kebutuhan kaderisasi dari mulai Peraturan organisasi hingga materi Kaderisasi.

Dalam Kesempatan tersebut Ziyad Ahmad MR Ketua IPNU Jawa Barat mengatakan implementasi SIKAD ini bertujuan untuk mendukung kaderisasi dan tata kelola organisi yang lebih sistematis.

“Saat ini sudah saatnya kita harus melakukan penataan, pembenahan dan perubahan dalam kerja-kerja organisasi, pola kerja yang tidak hanya berorientasi kepada kuantitas Kader tetapi juga kualitas kader” ujarnya.

Lebih lanjut Ziyad berharap dengan digunakannya aplikasi ini dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan Kaderasisi dan Kerja-Kerja organisasi yang terukur berbasis data.

comments