Banser Garut Bersama Warga Bersihkan Sisa Banjir Sukaresmi

545

Garut, (AnsorJabar Online)
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Garut bersama warga “beubeureusih” dilokasi yang terkena banjir yang terjadi pada senin (27/2) di kp. Sukawangsa Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut.

Asep Lukman, kepala satuan Koordinasi Cabang (ka Satkorcab) Banser kabupaten Garut menyatakan bahwa acara ini wujud nyata bankti banser untuk warga yang terkenal musibah “selama 3 hari kami akan beubeuresih. Karena banyak rumah warga yang tertimbun material banjir. Khususnya lumpur”.

Selain membersihkan rumah warga. Lanjut Asep, fokus utamanya adalah membersihkan saluran air sungat yang tersumbat sampah. Sehingga dikhawatirkan apabila hujan kembali besar dan volume air meningkat, maka banjir dikhawatirkan akan kembali terjadi.

“Selain rumah memang fokus kita sungai, banyak sekali material yang dibawa banjir yang menyumbat aliran sungai. Kita khawatir hal ini akan menimbulkan kembali banjir. Karena hujan sepertinya akan kembali turun. Mudah mudahan tidak terjadi banjir lagi” harap asep.

Sementara itu, Ketua Ansor Garut Abdullah Badar menyatakan bahwa Ansor dan Banser akan senantiasa bersiaga melihat banyaknya kejadian bencana alam di Kabupaten Garut akhir akhir ini.

“Melihat kondisi Garut yang rentan bencana. Khususnya Banjir. Saya instruksikan agar Ansor dan Banser siap untuk terlibat membantu warga.”

Seperti diketahui. Banjir bandang melanda Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Banjir yang diakibatkan meluapnya sungai sukawangsa mengakibatkan Sekitar 20 rumah warga yang terdampak banjir. Kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Namun Tidak ada korban jiwa.(moch)

Comments

comments