BAI’AT

378

BAI’AT

Beliau adalah KH DIMYATI bin SYIHAB berasal dari daerah KALIWIRO WONOSOBO, menuntut ilmu di pesantren jampes Kediri asuhan Syaikh Ikhsan,

Dalam satu perjalanan spiritualnya, suatu saat beliau datang kepada Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah Naqsyabandiyah Wonosobo, KH M. Chasbulloh, beliau matur kpd mbah kyai Chasbulloh minta izin ikut ngaji thoriqoh, tp mbah kyai Chasbulloh tidak mengizinkan, beliau ngendiko “nggak mau saya, kamu bocah edan kok mau ngaji thoriqoh” tetapi mbah Kyai Dimyati tetap memohon untuk bs mengaji, kemudian mbah Kyai Chasbulloh ngendiko ” ya sudah, kalo kamu memang mau ngaji, kalau kamu memang laki laki sejati, ngaji langsung sama kanjeng Syaikh Abdul Qodir jailani… Mbah Kyai Dimyati pun sendiko dawuh, “nggeh kalau itu yg mbah Chasbulloh dawui, saya nderek.
Singkat cerita, kemudian mbah kyai Dimyati mujahadah di musholla milik mbah kyai Abu Hamid, adik ipar Mbah kyai Chasbulloh yg sekarang menjadi madrosah pon pes Futuhiyyah bumen selama 3 hari 3 malam, dan akhirnya sampai pada malam yg ke 3,Kanjeng Syaikh hadir menemui mbah kyai Dimyati dan mentalqinnya, YA DIMYATHI, QUL LAA ILAAHA ILLALLOH. Dan ditirukan oleh mbah kyai Dimyati… Ba’da shubuh tepat, mbah kyai Chasbulloh yg memang tajam mata batinnya, mengetahui rawuhnya Kanjeng Syaikh pada mlm tersebut langsung bergegas ke musholla tempat mbah kyai Dimyati mujahadah,, langsung menemui.. Mbah Dim langsung dipeluk sambil ngendiko.. Alhamdulillaaaah, pancen lanang temenan deke (kamu memang lelaki sejati) ditalqin kanjeng Syaikh Abdul Qodir jailani, kemudian beliau berpesan, itu tidak boleh kamu ajarkan, hanya untuk kamu sendiri, mbah dim pun nderek dawuhnya mbah kyai Chasbulloh, beliau hanya memakai untuk pribadi, tidak diajarkan kepada orang lain.
Itulah sekelumit kisah perjalanan spiritual mbah Kyai Dimyati Syihab.

Sewaktu masih di jampes, beliau jg guru ngaji Ihya’ ulumiddin dan salah satu muridnya adalah mbah kyai Abdul Hamid kajoran, Magelang, beliau berdua sama2 ahli dzikir, ahli hikmah, menyukai kedigdayaan sehingga beliau berdua sering tanding satu sama lainnya.
Dan menurut satu riwayat, sejak masih di jampes sampai muqim, mbah Kyai Dim selalu kalah dr mbah Kyai Hamid kajoran, hingga sampai beliau berdua muqim pun masih sering tanding adu kesaktian.

Hingga suatu saat diceritakan kalau mbah Hamid kajoran rawuh ke kaliwiro pada hari jum’at, setelah sholat jum’at di masjid jami’ kaliwiro, beliau berdua adu tanding di lapangan kaliwiro, ditonton oleh masyarakat sekitar… Pada saat itu yg pertama unjuk kesaktian adalah mbah dim, beliau mengibaskan tangan kanannya didada, tiba2 ditangannya sudah tergenggam sebilah keris, masyarakat pun bertepuk tangan, setelah itu giliran mbah hamid mengibaskan tangannya dan muncullah keris ditangannya, tepuk tangan pun bergema lg, selanjutnya mbah dim melempar kerisnya ke arah langit, dan keris tsb terbang hingga tak terlihat, mbah hamid pun melakukan hal yg sama, namun ketika mbah hamid melempar, kerisnya tidak mampu terbang, berulangkali dicoba, tidak terbang jg, hingga disoraki oleh masyarakat yg menonton akhirnya beliau membaca sesuatu (wirid) pada keris tersebut dan dilempar ke atas, keris itupun terbang ke langit hingga tak terlihat dan masyarakat pun bertepuk tangan… Itu adalah adu kesaktian terakhir antara mbah kyai Dimyati dan Mbah kyai Hamid kajoran, sejak kekalahan mbah hamid tersebut, mbah hamid tidak pernah datang lg ke kaliwiro untuk bertanding..

Mbah kyai Dimyati adalah salah satu ulama yangat ketat dalam syariat, setelah Mbah Kyai Dimyati muqim di desa Bumen, dahulu tidak ada yg berani lewat dpn masjid bumen memakai celana pendek atau rok pendek, karena kalo ketahuan mbah Dim maka akan di dukani… Ke*ek kowe, dengkul ora ditutupi, begitu juga jika tidak memakai peci, maka beliau akan duko, complo*g (tengkorak) kowe, sirah ora ditutupi, bahkan tak jarang tongkat beliau dilemparkan kpd orang yg tidak menutup aurat,(berpeci/celana panjang atau sarung. Begitulah beliau, sangat ketat dlm syariat. Beliau berpuasa dalam satu minggu selama 5 hari, senin, selas, kamis, jumat, sabtu. Tiap jam 12 malam selalu istiqomah qiyamullail. Beliau termasuk salah satu ulama yg membagi malam menjadi 3 bagian. Beliau dikaruniai usia yg panjang, hingga beliau wafat usianya diatas 110 tahun, pastinya berapa usia beliau narasumber tidak mengetahui secara pasti. Ketika penulis ngaji safinah kepad beliau waktu masih SD, beliau sudah berumur 105 lebih, dan beliau ketika mengaji tidak menggunakan kacamata alias masih normal. Al Qur’an beliau pun masih menggunakan Al Qur’an yg kecil. Bahkan Hizib Ghozali milik beliau pun masih memakai tulisan tangan beliau sendiri yg ditulis didalam semacam buku saku pramuka.

Beliau sangat disegani dan dihormati oleh siapa saja, bahkan tercatat Alm Gus Dur kurang lebih 4x sowan kpd beliau baik sebelum menjadi presiden maupun saat masih menjadi presiden. Dalam satu kesempatan pada acara pertemuan pengasuh pondok pesantren se Jawa tengah di Salatiga, gus dur sempat ngendiko, ulama sepuh yg saya takuti di Jawa tengah itu cm satu, yaitu KH Dimyati kaliwiro Wonosobo.

Nafa’anallohu bi ulumihi wa amaddana bi asroorihi wa a’aada alaina min barokatihi wa uluumihi wa anwaarihi fiddiini wad dunyaa wal akhiroh amiin

Narasumber
Al walid
Alm. kyai thoifur dalhar pliyangan selomerto wnsb
KH Ahmad Sirojuddin Yogyakarta

Lahumul fatihah