Asal Mula Lahirnya Kebencian

398

Oleh : Nizar Maulana Malik

Dimana-mana di dunia ini, kita mungkin saja melihat kebencian bertebaran ,hinggap di hati manusia atau bisa jadi kita sendiri diliputi oleh “kebencian”.  Entah benci terhadap seseorang ataupun sesuatu. Tetapi, dari manakah kebencian itu pertama kali bermula? Ini perlu untuk kita telusuri.

Dahulu kala tatkala Tuhan menciptakan Adam lalu mewariskan pengetahuan kepada Adam, kemudian diperintahkanlah bangsa Malaikat, juga iblis, untuk bersujud kepada Adam, , namun pada saat itu iblis menolak untuk bersuhud kepada adam ,karena ia berpandangan bahwa dirinya lebih mulia daripada adam, sebab Adam adalah makhluk yang tercipta dari tanah hitam, sedangkan iblis dicipta dari api, yang dianggap sebagai unsur yang lebih tinggi daripada tanah. Padahal kalau kita mau berfikir, tanah mempunyai unsur menghidupkan, sedangkan api menghancurkan. Oleh sebab hal itulah iblis dikutuk tersesat selamanya. Iblis pun meminta penangguhan kematian, sampai hari kiamat tiba. Saat itulah kebencian pertama kali lahir dari dalam hati iblis. Maka iblis pun berjanji akan menyesatkan manusia seluruhnya.

Demikianlah “kebencian” itu pertama kali lahir, yaitu berada di dalam hati iblis. Kebencian ini sebenarnya adalah sifat iblis yang diturunkan kepada manusia, yaitu pertama kali diturunkan kepada qobil, maka dengan kebencian itulah qobil membunuh habil.

Jika hatimu dipenuhi kebencian, engkau akan menjadi mirip iblis seperti dahulu kala. Lalu bagaimana jika membenci kemungkaran, membenci keburukan, membenci kebatilan?

Kemungkaran, keburukan, kebatilan dan lain sebagainya, itu semua seperti alat elektronik yang rusak, engkau tak harus membencinya, karena engkau bisa memperbaikinya. Sebagaimana engkau tak harus membenci tubuh mu sendiri jikalau engkau mengalami sakit, karena engkau bisa mengobati dirimu. Apakah di dalam hatimu masih banyak kebencian? Belum terlambat untuk memperbaikinya. Agamamu tidak sedikitpun mengajarkan kebencian,hanya mungkin sebagian dari  pemuka-pemuka agamanya yang mengajarkan kebencian, karna mereka juga sama seperti kita , Hanyalah Manusia.

comments