Arskal Salim: Targhib Ramadlan Cermin Islam Nusantara

37

JAKARTA,ansorjabar online- Keluarga besar Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama menggelar acara Targhib Ramadlon secara sederhana. Direktur Pendidikan Tinggi Islam Arskal Salim GP mengatakan acara Targhib Ramadlon merupakan ibadah atau tradisi yang hidup sebagai cermin Islam Nusantara.

Hal itu dikatakan Arskal saat memberikan sambutan pada acara Targhib Ramadlon dihadapan Pejabat dan Jabatan Fungsional Umum (JFU) Direktorat PTKI pada Selasa (15/05). “Tarhib adalah amaliyah yang dianjurkan agama Islam sedangkan caranya seperti makan-makan dan bentuk lainnya merupakan tradisi masyarakat” kata Arskal.

Arskal mengharapkan kepada jajarannya untuk menyambut ramadlon dengan kesiapan fisik dan mental dan juga jangan berhenti berprestasi selama bulan ramadlon. “Kita sambut bulan Ramadlon dengan perasaan senang hati makanya kita bersyukur dan menyambutnya (targhib) seperti biasanya”, kata Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Menyambut Ramadlon ini adalah tradisi yang bagus dan memadukan antara ajaran Islam di satu sisi dengan tradisi keagamaan di nusantara” tambah Arskal.

Secara etimologis kata “tarhib” berasal dari kata “ra-hi-ba, yar-ha-bu, rah-bun” yang berarti luas, lapang dan lebar. Berubah menjadi fi’il (kata kerja): “rahha-ba, yurahhi-bu, tar-hiban” berarti menyambut, menerima dengan penuh kelapangan, kelebaran dan keterbukaan hati.

Secara terminologis “Tarhib Ramadhan” adalah menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan segala kesiapan, keleluasaan, kelapangan, keterbukaan dan kelebaran yang dimiliki, baik materil maupun spirituil, jiwa dan raga serta apapun yang ada dalam diri kita.

Abdulloh Hanif Kasubbag Tata Usaha Direktorat PTKI Targhib Ramadlon kali ini dilaksanakan dengan berdoa bersama, mendengarkan nasihat dari Direktur dan diakhiri dengan makan ala kadarnya, menandai bahwa kita dengan suka cita akan melaksanakan ibadah puasa Ramadlon.

Jajaran Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama telah mengadakan targhib ramadlon di Musholla At-Tarbiyah Lantai 8, beberapa hari yang lalu dan masing-masing direktorat juga telah mengadakan acara serupa. Direktorat PAI, Pdpontren, KSKK dan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Selamat datang ya Syahrul Romadlon, semoga kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik, berkualitas dan mampu meningkatkan iman dan taqwa kita. (RB).

Comments

comments