Ansor Kota Banjar Galakan Banser Jaga Lembur

KOTA BANJAR – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Banjar Jawa Barat mulai menggalakan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jaga Lembur.

Hal itu dilakukan sebagai respon situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di  Kota Banjar yang sudah udah mulai terusik dengan beberapa kejadian yang merugikan masyarakat.

“Kita adakan program Banser jaga lembur. Disini, sahabat-sahabat Banser dengan identitas kebanserannya, kami instruksukan agar memjaga Kamtibmas bersama masyarakat sekitar,” ujar Ketua PC GP Ansor Kota Banjar, Suprianto, Selasa (5/5/2020).

Pihaknya menekan kepada seluruh lapisan anggota Banser di wilayah koordinasinya untuk melakukan ronda malam secara bergilir dilingkungan masing-masing.

“Seiring program asimilasi warga binaan, ditambah situasi ekonomi yang saat ini terasa sulit karena dampak pandemi corona. Tentu ini sangat berpotensi akan meningkatnya angka kriminalitas di masyarakat,” ujarnya.

Dirinya merasa prihatin karena beberapa waktu terakhir aksi kejahatan sudah marak terjadi di Kota Banjar. “Kemarin ada warga yang kemalingan ayam peliharaannya. Hari ini, sejumlah warga di beberapa lingkungan di Banjar mengaku menjadi korban kemalingan kendaraan bermotor,” ungkapnya.

Atas dasar hal tersebut, lanjut Suprianto, dengan program Banser Jaga Lembur diharapkan akan meminimalisir aksi kejahatan yang merugikan masyarakat tersebut.

“Tugas kita bagaimana bisa membuat masyarakat tenang. Maka dibutuhkan kerjasama dengan semua pihak terutama kepada linglungan masyarakat agar selalu hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (Ade Mahmudin)

comments