Ansor Kabupaten Bekasi Jadikan PKD Sebagai Basis Perekrutan Kader Aswaja

208

Bekasi, (ansorjabar online)
Menjaga tradisi ahlul sunnah wal jama’ah (aswaja_red) dan menjaga keutuhan NKRI menjadi tugas terberat di pundak setiap kader Gerakan Pemuda Ansor.

Memahami pentingnya hal tersebut, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bekasi dalam kesempatan dan kondisi apapun berusaha melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD). Karena dalam PKD semua hal berkaitan dengan tugas berat yang diemban kader Ansor diajarkan oleh para instruktur.

“Tidak hanya itu, PKD adalah sebagai ajang menjaring para kader-kader baru yang nantinya setelah mendapat pelajaran dalam PKD maka mereka bisa menjelaskan kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing tentang apa itu Ansor dan apa tugas-tugasnya,” kata Ketua PC GP Ansor Kabupaten Bekasi Ahmad Tetuqo Taqiyuddin.

Setiap kader Gerakan Pemuda Ansor, wajib mengikuti jenjang kaderisasi. Jenjang paling bawah adalah PKD dilanjutkan dengan PKL dan terakhir PKN. Selain tiga jenjang kaderisasi tersebut masih ada lagi pelatihan-pelatihan yang lain.

Hal itu dilaksanakan berdasarkan amanah Peraturan Organisasi Nomor : 09/KONBES-XX/VI/2016 Tentang Sistem Kaderisasi GP Ansor. PKD menjadi salah satu persyaratan dalam organisasi jika ingin mencalonkan diri sebagai ketua Ranting atau ketua PAC.

Untuk diketahui, PC Ansor Kabupaten Bekasi sudah melaksanakan kegiatan kaderisasi PKD sebanyak sepuluh kali. Setiap PKD diikuti sekurang-kurangnya diikuti 70 peserta.

PKD ke I dilaksanakan di Yayasan Al Barkah Kecamatan Cikarang Utara , dilanjutkan PKD ke II di Kecamatan Cikarang Barat, PKD ke III di Yayasan Al Huda Kecamatan Sukakarya, PKD ke IV di Yayasan Al Jihadiyah Kecamatan Sukatani, PKD ke V di Kecamatan Cikarang Utara, PKD ke VI di Yayasan El Yasiniyah Kecamatan Pebayuran, PKD ke VII di Kecamatan Tambun Selatan, PKD ke VIII di Kecamatan Cibitung, PKD ke IX di Kecamatan Sukawangi dan belum lama ini menggelar PKD ke X di Ponpes Kyai Ahmad Roi Kecamatan Sukatani.

“Saat ini panitia sedang menyiapkan PKD ke XI di Ponpes Motivasi Indonesia Jl. Istana Yatim RT.03/01 Kp. Cinyosog Desa Burangkeng Kecamatan Setu, hari Minggu tanggal 8 Maret ini. PKD kita laksanakan sekurang-kurangnya dua hari dua malam,” lanjut Atet sapaan akrab Ahmad Tetuqo Taqiyuddin.

Pelaksanaan PKD diantaranya akan diisi dengan materi ajaran dan prinsip-prinsip ahlussunnah waljamaah, sejarah dan visi misi GP Ansor, tata cara upacara dan baris berbaris, keorganisasian dan kepemimpinan, masih banyak lagi.

Instruktur akan didatangkan dari Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Barat dan para pengurus PC Ansor Kabupaten Bekasi yang telah mengikuti jenjang kaderisasi PKL.(hilmawan abror)

comments