Ansor Cirebon Panen Jagung

78

Ansor Cirebon Panen Jagung

Pagi ini (30/12/2018) Ketua Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Cirebon HM UJANG BUSTHOMI bersama Banser mengawali Panen Raya Jagung Manis.

Salah seorang petani muda juga dia yang merupakan kader Banser Ndan Warto mengaku, panen raya ini berhasil memanen sekitar 2,5 ton jagung manis dari sepertiga hektare lahan.

“Panen sepertiga hektare bobot 2,5 ton dengan harga untuk grade A kurang lebih Rp3.000 per kilogram dan grade B Rp 2.000 per kilogram. Grade A itu yang per kilonya isi tiga jagung utuh. Sedangkan grade B yang isi lima jagung utuh,” diperkuat oleh Ketua Cabang, kang Ujang.

Ansor Cirebon akan mengembangkan komoditas jagung manis itu pada lahan milik para kader Ansor PAC yang ada di kabupaten Cirebon. Menurutnya, jagung manis lumayan prospektif. Selain bisa dipanen pada waktunya, katek jagungnya laku dijual untuk sayuran.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Cirebon HM. Ujang Busthomi yang ikut memanen mengatakan, usia kader GP Ansor merupakan usia yang sangat produktif yang berpotensi mengembangkan sektor pertanian. Karena kader Ansor usianya 20 sampai 40 tahun.

“Mumpung usianya masih produktif, dimana tenaga lagi full-full-nya, pemikiran juga lagi cemerlang-cemerlangnya, maka perlu digerakkan pada berbagai sektor, tidak terkecuali pertanian agar jangan sampai terjadi stagnasi generasi petani,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui gerakan ini para kader Ansor diharapkan menjadi contoh bagaimana mengelola sektor pertanian yang baik dan benar mulai dari soal pengolahan lahan, pemilihan bibit unggul, perawatan tanaman, hingga cara pemasaran hasil panen berbasis potensi tiap daerah.

-Muhammad Idrus-
(Wk. Ketua PC ANSOR Cirebon)

comments