Ansor-Banser Malangbong Bahu Membahu Membantu Korban Banjir

375

Barisan Ansor Serbaguna terpantau ikut membantu pemerintah setempat dan warga mengevakuasi korban banjir bandang yang terjadi di Kp. Cijanur Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut (22/11/2017).

Ahmad Hambali, Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Malangbong mengatakan, ada 70 anggota Banser yang diterjunkan untuk membantu pemerintah dan warga.

“Sekitar 70 anggota Banser kita turunkan. Fokus kita adalah mengevakuasi warga seeta barang barang berharga milik warga,” ujar Ahmad.

Banjir yang disebabkan akibat meluapnya Sungai Citatapa mengakibatkan beberapa rumah terendam banjir setinggi 1.5 meter.

“Ya, karena huja lebat. Akibatnya sungat Citatapa meluap. Tapi, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Masyarakat yang terkena dampak, sesuai intruksi pemerintah, dievakuasi ke Puskesmas,” katanya.

Ahmad menjelaskan, ada beberapa titik bencana alam yang terjadi di Kecamatan Malangbong.

“Stasiun KA Cipeundeuy juga terendam banjir. Bahkan di KP. Cidahu, akibat banjir, jalur kereta api mengalami pergeseran. Di Desa Cikarag, jalur kereta api tertimbun material longsor,” ungkapnya

Ditemui di Pesantren Al Halim, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Garut mengungkapkan bahwa dirinya dengan beberapa pengurus Ansor Garut akan berangkat ke Malangbong.

“Ya besok (hari ini,-red) kita akan berangkat ke Malangbong. Bahkan sudah ada pengurus yang sudah berada di lokasi. Kita akan pastikan kalau diperlukan kita akan menerjukan anggota Banser dari kecamatan laun. Seperti Limbangan dan Selaawi. Mereka sudah dalam posisi siaga,”ujarnya.

Idham

Comments

comments