Ansor-Banser Gelar DTD di Mesir

168

Ansor-Banser Gelar DTD di Mesir

Untuk pertama kalinya, kegiatan Diklat Terpadu Dasar (DTD) Ansor-Banser dilaksanakan di negeri piramida. DTD ini dilakukan sekaligus sebagai jawaban atas permintaan dari keluarga besar NU di Mesir untuk membentuk kepengurusan GP Ansor. Setelah sekian lama melakukan komunikasi dengan pengurus pusat, akhirnya kegiatan DTD sekaligus pembentukan kepengurusan ini pun dapat digelar pada hari Rabu-Kamis, 17-18 Juli 2019 yang lalu, bertempat di Aula Markaz Lughah Syaikh Zayed Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Demi menyukseskan acara ini, pihak panitia dan PCI NU Mesir telah melakukan proses persiapan yang panjang. Sejak pertama kali kegiatan ini diwacanakan pada sekitar tahun lalu, hingga persiapan pra-pelaksanaan acara DTD ini dimantapkan, proses tersebut tidak dapat dikatakan sederhana. Hal ini dikemukakan oleh Ketua Tanfidziyah PCI NU Mesir, M. Nora Burhanuddin Lc., dalam sambutannya. “Alhamdulillah, setelah melakukan berbagai proses yang panjang tersebut, akhirnya kegiatan kaderisasi Ansor ini dapat terlaksana juga.”

Bahkan, sebagai syarat bagi calon peserta yang mendaftar, telah dilaksanakan interview terlebih dahulu sejak dua pekan sebelum kegiatan. Hal itu dilakukan secara serius oleh panitia untuk menjaga mutu acara sekaligus menyaring para peserta. Dari penyaringan ini, akhirnya terpilih 233 peserta yang lolos dan boleh mengikuti DTD.

Kegiatan DTD ini semakin terasa istimewa dengan kehadiran para pengurus Pimpinan Pusat dari Jakarta yang bahkan sampai turun langsung memberikan materi dan arahannya. Bahkan, Ketua Umum Gus Yaqut, Sekretaris Jenderal Gus Adung beserta Kosatkornas Gus Alfa Isnaini pun turut hadir dalam rangkaian acara ini. Selain itu, Komandan Densus 99 Kang Habib Nuruzzaman, Ketua MDS Rijalul Ansor Gus Mahfudz Hamid, serta Gus Luthfi Thomafi dan Gus Aunullah A Habib juga ikut saling bergantian memberikan materi kepada para peserta.

Rois Syuriyah KH. Mukhlason Jalaluddin mengutarakan rasa terima kasihnya secara khusus kepada jajaran pengurus pusat atas kesediaannya memenuhi permintaan Nahdliyyin di Mesir. “Kami berterima kasih kepada Gus Yaqut, Ketua Umum PP GP Ansor, beserta jajarannya, atas responnya yang luar biasa dan kesediannya untuk jauh-jauh datang dari Jakarta ke Mesir hanya untuk menghadiri DTD, hanya untuk memenuhi keinginan para mahasiswa Nahdliyyin di sini,” ujar beliau dalam sambutan.

Ketua Umum Gus Yaqut membalasnya dengan baik. Beliau pun berharap agar kader-kader dari Mesir dapat menjadi kader Ansor yang militan. “Setelah selesai belajar di sini lalu pulang, kami tunggu kiprah sahabat-sahabat sekalian di Indonesia. Sahabat-sahabat semua bukan hanya harus menjadi seorang kader, tetapi juga harus menjadi seorang milisi. Menjadi milisi Ansor dan NU, menjadi penjaga tegaknya Islam Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyyah, juga penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya dengan disambut tepuk tangan hadirin.

comments