Ansor Banser Ikuti Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke 72

42

Ansor dan Banser se Kabupaten Garut terpantau mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun K emerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 yang dipusatkan di alun-alun kecamatan (17/8/2017).

Seperti Ansor dan Banser Kecamatan selaawi, Ansor dan Banser Kecamatan Malangbong, Ansor dan Banser Kecamatan Cisurupan serta Ansor dan Banser Kecamatan Karangtengah terlihat mengikuti pesat rakyat alun-alun Kecamata masing-masing.

Mereka terlihat membaur dengan masyarakat sekitar berjalan sambil membawa atribut Ansor dan Banser.

“Ada juga yang membawa bendera NU,” ujar Agus Firman, Ketua Ansor Kecamatan Selaawi.

Sementara itu Pasukan Banser berseragam lengkap terlihat ikut mengamankan selama prosesi pesta rakyat tersebut.

“Bagi Banser, peringatan kemerdekaan hari ini bisa menjadi semacam peneguhan. Ditengah ada upaya sebagian kalangan yang mulai mempertanyakan tentang eksistensi NKRI kita,” ujar Yudi Nurcahyadi, Kepala Satkorwil Banser Jawa Barat.

Menurut Yudi, keterlibatan Banser merupakan semacam keterpanggilan jiwa. Sebagai hasil dari pendidikan yang menekankan kepada semangat cinta tanah air.

“Cinta tanah air merupakan inti dari semangat berdirinya Banser. Dan kami pelihara sampai hari ini melalui pendidikan organisasi yang tersistematis,” kata Yudi.

Masih menurut Yudi, semarak peringatan hari kemerdekaan, menunjukan besarnya rasa cinta tanah yang air yang melekat dimasyarakat.

“Saya masih optimis ketika masyarakat terlihat sangat anstusias itu menunjukan semangat cinta tanah air dan wujud syukur,” kata Yudi.

Idham

Comments

comments