AKSI SOLIDARITAS PK PMII STAI AL-BAROKAH – KABUPATEN SUKABUMI, UNTUK PERISTIWA SABDA ALAM CISOLOK, PELABUHANRATU

53

AKSI SOLIDARITAS PK PMII STAI AL-BAROKAH – KABUPATEN SUKABUMI,
UNTUK PERISTIWA SABDA ALAM CISOLOK, PELABUHANRATU

Alam bersabda, Sukabumi berduka. Beberapa hari yang lalu, tepatnya 31 Desember 2018, Sukabumi dikejutkan dengan peristiwa bencana alam yang terjadi di Kp. Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kec. Cisolok. Bencana longsor yang terjadi mengakibatkan puluhan rumah tertimbun oleh tanah, dan menjatuhkan banyak korban jiwa. Peristiwa tersebut menyita banyak perhatian dari berbagai pihak, tak terkecuali organisasi PMII Komisariat STAI Al-Barokah – Cabang Kabupaten Sukabumi.
Sukabumi (4/1), PK PMII STAI Al-Barokah menggelar aksi solidaritas penggalangan bantuan untuk korban sabda alam di Cisolok. Aksi yang dilaksanakan bersama-sama dengan Pengurus Cabang PMII Kabupaten Sukabumi di ikuti oleh para anggota dan kader pada hari Kamis-Jum’at sejak pukul 09.00 – 16.00 WIB. Para anggota dan kader yang mengikuti aksi penggalangan bantuan tersebut terlihat sangat antusias. Hal tersebut karena sebagai kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, sudah barang tentu mereka dibina dan dididik untuk peka terhadap realitas sosial yang terjadi. Peristiwa alam yang beberapa hari terakhir terjadi, menjadi isyarat tentang keharusan manusia menjaga alam dengan lebih baik serta menjalin ikatan persaudaraan antar sesama manusia dengan lebih erat.
PK PMII STAI Al-Barokah menyadari betul bahwa aksi kamanusiaan tersebut menjadi suatu hal yang harus dilaksanakan sebagai upaya untuk membantu baik secara moril maupun materil untuk para warga bencana alam, terkhusu warga Cisolok saat ini. Dengan demikian, setidaknya para warga masyarakat yang terkena musibah menjadi lebih terbantu dan terhibur untuk terus melanjutkan kehidupan mereka. “Sebelumnya kami ucapkan turut berduka cita atas peristiwa yang terjadi di Cisolok beberapa waktu lalu yang sampai menelan puluhan korban. Peristiwa tersebut tentu juga menjadi duka bagi kami selaku masyarakat Sukabumi. Oleh sebab itu, atas nama PK PMII STAI Al-Barokah dan PC PMII Kabupaten Sukabumi, kami melaksanakan aksi solidaritas ini untuk menggalang bantuan dari masyarakat sekitar, setidaknya agar dapat membantu baik moril atau materil untuk masyarakat yang terkena musibah”. Ucap Ketua PK PMII STAI Al-Barokah, Sahabat Ai Suyanti, dalam kesempatannya di sela-sela aksi.
Menurutnya, aksi solidaritas ini sebagai salah satu bukti keterlibatan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, terkhusus PK PMII STAI Al-Barokah – Cabang Kabupaten Sukabumi dalam membantu masyarakat sekitar dan kepedulian terhadap sesama manusia. Dan sudah barang tentu menjadi hal yang mutlak harus dilakukan oleh setiap anggota dan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia kapanpun dan dimanapun.

(Bidang Eksternal PK PMII STAI Al-Barokah)

comments