AGUSTUS BULAN KAROMAH; ANSOR BANSER KABUPATEN SUKABUMI LAKSANAKAN RITUAL KADERISASI

Demi tercapainya sebuah gerakan yang sinergis Ansor Banser mengadakan rapat Dengan seluruh jajaran pengurus ansor Banser tadi malam di sekretariat Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi Jalan Raya Kadupugur Cijalingan Komplek PCNU Kabupaten Sukabumi tanggal 28 Juli 2019 hasil yg digulirkan dari pembahasan rapat tersebut kami bersepakat untuk melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Gerakan Pemuda Ansor (PKD) angkatan XVII dan Kursus Banser Lanjutan (SUSBALAN) angkatan I.

Kegiatan rapat tersebut dilaksanakan dengan alasan kuat para pengurus Ansor Banser agar jantungnya organisasi yang berada pada tubuh kaderisasi dan ruh pergerakan akan tetap selalu hidup. Sebab, jika misi organisasi diejawantahkan melalui kegiatan-kegiatan organisasi yang kontinuitas dan massif, maka jantung organisasi akan tetap hidup dan terus melanjutkan garis perjuangan para pendahulunya secara produktif.

Muhyidin A. Rifani atau yang akrab di sapa Dewa selaku ketua 1 Bidang Kaderisasi Ansor Kab. Sukabumi menuturkan bahwasanya ideologisasi aswaja tidak serta merta dapat diserahkan kepada khalayak publik tanpa melalui sebuah pendidikan formal, hal ini selaras dengan komitmen secara administratif yang dianut dalam tujuan organisasi Ansor itu sendiri. Sehingga dibulan agustus ini sebagai langkah kontinuitas program dari rentetan kegiatan dan upaya internalisasi dan transformasi nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljamaah annahdliyah yang sebelumnya sudah pernah dilaksanakan, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sukabumi kembali menyelenggarakan dua kegiatan secara bertahap, Pertama Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) angkatan XVII pada tanggal 3-4 Agustus 2019 bertempat dipondok Pesantren Al-Fathoniyah, kedua, Kursus Banser Lanjutan (SUSBALAN) angkatan I diselenggarakan di PCNU Kabupaten Sukabumi pada tanggal 22-25 agustus 2019.

Selanjutnya, dua kegiatan yang telah disepakati bersama tersebut akan diramu sedemikian rupa, sehingga tidak menghilangkan nilai esensinya, insyaAllah para peserta akan di suguhkan materi-materi tentang pemahaman kebangsaan dan dan keagamaan oleh para pemateri yang didatangkan khusus oleh pengurus melalui panitia pelaksana, mulai dari pimpinan tertinggi Ansor Banser di tingkat kepengurusan nasional, regional maupun lokal.

Senada dengan pernyataan demikian Abdul Latif selaku Kepala Satuan Koordinasi Banser Kab. Sukabumi juga memberikan alasan tegas, bahwa dua kegiatan ini selain merupakan bagian dari program organisasi, ini juga bagian dari kewajiban moral ansor banser sebagai bentuk penghambaan diri pada nusa, bangsa dan agama. Kita tidak hanya cukup bernostalgia tentang keamanan negeri ini dengan gombalan wacana semata, melainkan harus ada bukti kerja nyata. Dan kerja nyata itu adalah kaderisasi dan internalisasi nilai. Inilah kenapa kami dari Ansor Banser bersepakat untuk mensukseskan kegiatan yang dimaksud.

Dari pergumulan pandangan dan penyatuan ide pada pertemuan tersebut..akhirnya bilbarkah rapat diakhiri dg alfatihah..

comments