Agar NU di Kelola Cara NU, PWNU Jabar Massifkankan Kaderisasi

319

Karawang, (ansorjabar online)
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat menggelar Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) Angkatan I di Ponpes Asshiddiqiyyah 3, Cilamaya Wetan, Karawang, Jum’at -Sabtu (17-18/03).

“Kegiatan ini merupakan wahana kaderisasi bagi pengurus struktural NU agar mampu mengelola NU dengan cara NU”, kata Ketua PWNU Jawa Barat KH. Hasan Nuri Hidayatulloh dalam sambutan pembukaan.

Untuk angkatan pertama ini, MKNU diiukuti peserta sekitar 100 orang jajaran pengurus, baik unsur Syuriyah, Tanfidziyah, maupun Lembaga-lembaga di lingkungan PWNU Jawa Barat.

“MKNU merupakan institusi khusus yang dibentuk sebagai ihktiar menjalankan amanah pasal 19 Anggaran Dasar. Merupakan kelanjutan serupa dengan Pendidikan Kader Penggerak NU di masa yang lalu”, jelas pria yang akrab dipanggil Gus Hasan ini.

Menurutnya, nomenklatur “madrasah” dipilih supaya lebih familiar dan memperkecil kesenjangan hambatan motivasi “ngaji” lagi bagi para senior.

Dalam konteks Jawa Barat, Gus hasan menargetkan setiap tahun MKNU diharapkan dapat melahirkan lulusan sekira 2000 orang. Untuk mekanisme penyelenggaraannya, selain dulaksanakan PWNU, juga pada tiap PCNU se Jawa Barat.

“Kaderisasi ini tidak menafikan kaderisasi lain di tingkat lembaga-lembaga. Namun ini adalah bagian yang resirokal integral dari pelaksanaan amanah anggaran dasar dan sistem kaderisasi yang massif dan terstruktur”, ujarnya.

Kegiatan selama dua hari ini dibuka oleh Katib Syuriah PWNU Jawa Barat, KH. M. Usamah Manshur. (ucup fathudin/edi)

Comments

comments