50 Orang pemuda Cipayung ikuti PKD

109

DEPOK- 26 Agustus 2016

Sekitar 50 orang calon kader dan anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Depok mengikuti acara Pelatihan Kepemimpinan Dasar yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jumat (26/8/2016). Kegiatan kaderisasi yang berlangsung di Yayasan Pon-Pes Alkindi ini akan berlangsung dari tanggal 26 sampai 28 Agustus 2016 besok.

Dalam sambutannya Ketua GP Ansor Cabang Kota Depok Abdul Qodir menjelaskan bahwa, PKD tersebut sebagai pintu gerbang bagi anggota baru yang ingin aktif di organisasi GP Ansor. “Ini merupakan langkah awal dalam pengkaderan di GP Ansor, setelah PKD anggota dan kader bisa mengikuti pelatihan ke jenjang yang lebih tinggi yakni PKL dan PKN,” jelasnya.

Kodir menambahkan, lewat pelatihan ini para peserta diberi pemahaman tentang aswaja dan ke NU an, kemudian ke Ansoran dan wawasan berbangsa dan bernegara dengan memegang teguh pancasila dan setia terhadap NKRI. “Selain ilmu agama dan pemahaman keorganisasian PKD juga mengajarkan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor Ahmad Yudistira yang hadir sekakigus membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan kaderisasi ini merupakan kegiatan wajib untuk dilakukan bagi setiap pimpinan cabang maupun anak cabang diseluruh Indonesia. Pasalnya, selain untuk memupuk kebersamaan dan solidaritas kaderisasi ini juga merupakan sarana pembelajaran kader untuk mengenal lebih jauh tentang organisasi yang telah berusia 81 tahun. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan kaderisasi ini. Kami rasa ini cukup luar biasa selain jumlah peserta yang lumayan banyak. Rasa keingin tahuan mereka juga cukup tinggi,” katanya.

Ia berpesan, agar setelah mengikuti proses pelatihan para calon kader dan anggota Ansor ini dapat mengamalkan ilmu maupun materi yang telah didapat didalam pelatihan untuk bekal dikehidupan masyarakat umum.

Ia menambahkan, agar pengurus Ansor disetiap tingkatan juga melakukan kaderisasi secara rutin sehingga Ansor bisa semakin kuat dan besar. (Coki)

comments