Warga Pasirkeding Desa Pasirangin Produksi Teh Alami Berkhasiat.

76

Purwakarta,Ansorjabar Online – Warga Kp Pasirkeding Desa Pasirangin Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta sukses membuat sebuah terobosan. Mereka berhasil memproduksi teh alami berkhasiat.

Tidak hanya menyegarkan tubuh, teh yang dipetik dari pucuk teh ini juga diklaim memiliki khasiat mengobati sejumlah penyakit. Warga mengelolanya melalui wadah Usaha Berbasis Komunitas (UBK) Saluyu, binaan Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi.

“Kita ciptakan teh hijau celup dan tubruk,” kata Imron Syafei, ketua UBK Saluyu, Minggu (19/02/2017).

Menurutnya, bahan dasar teh diperoleh dari sejumlah petani teh di wilayah Kecamatan Darangdan dan Bojong. Oleh pengelola UBK, teh selanjutnya diracik dan dikemas secara apik. Hasilnya kemudian dipasarkan kepada masyarakat.

“Kualitas teh benar-benar kita pilih. Petani juga kita didik supaya bisa mengelola teh secara baik. Daun teh juga kita pilih pucuknya saja. Ini bukan apa-apa, kami hanya ingin berikan yang terbaik untuk konsumen. Kami berikan teh segar dan berkhasiat untuk kesehatan,” beber Imron alumni GP. Ansor 2003-2013

UBK Saluyu baru berjalan hampir setahun terakhir. Masyarakat yang tergabung dalam UBK ini berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Darangdan dan Kecamatan Bojong. Adanya UBK, diklaim Imron telah mampu membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

“Perlahan tapi pasti, usaha komunitas ini terus berjalan dan alami peningkatan. Saat ini, pasarnya masih lokal. Dan saat pameran di Bali, bulan lalu, banyak pengunjung tertarik dengan produk teh yang kami namai Teh Chacuy ini,” tandas Imron. (anas)

Comments

comments