26 Siswa Terbaik SMAN 1 Tasikmalaya “Mondok” Di Pesantren Ketua Ansor

220

Tasikmalaya, AnsorJabar Online

Libur panjang sekolah dimanfaatkan SMA Negeri 1 Tasikmalaya untuk memondokkan siswa-siswi terbaiknya di Pondok Pesantren Alhikmah Mugarsari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Pesantren tersebut dikelola oleh Ketua GP Ansor Kota Tasikmalaya, Ricky Assegaf.

Serah terima siswa untuk “mondok” di Pesantren pun dilakukan pada Minggu (25/12), oleh Wakil Kepala Sekolah SMAN 1, Drs. H. Tatang TS, M. Pd. Dan diterima langsung oleh H. Ricky Assegaf.

Menurut Tatang, program mondok di Pesantren untuk mengisi libur sekolah. 26 siswa dari Kelas Cerdas Istimewa yang memiliki IQ diatas 140 dititipkan langsung ke Pesantren.

“Dan kami pilih Pesantren Alhikmah, selain karena metoda pembelajarannya yang memasukan cinta tanah air serta kebangsaan. Juga kenal dekat dengan pengelola yakni Ketua Ansor,” kata Tatang.

Tatang pun mengungkapkan kecerdasan intelektual 26 siswa SMAN 1 harus diimbangi dengan spiritual juga. Sehingga keta’dziman dan kehidmatan siswa atau santri terhadap guru akan menjelma di sekolah.

Pimpinan Pondok Pesantren Alhikmah, H. Ricky Assegaf, S.Pd, M.Pd yang juga Ketua GP Ansor Kota Tasikmalaya sangat menerima masuknya 26 siswa untuk mondok selama libur sekolah.

Para siswa akan dikenalkan pola hidup di Pesantren, termasuk dengan kurikulum pengajian dan metode pembelajaran pesantren.

“Misal sorogan. Satu persatu siswa di gurui langsung oleh guru sehingga tahu perkembangannya dalam memahami materi pengajian,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa untuk permulaan sebelum Subuh siswa harus bangun, mandi, membersihkan kamar dan Salat Subuh berjamaah. (jn)

comments