26 Pengurus Cabang PMII Kabupaten Sukabumi, Resmi di Lantik

94

Sukabumi, 24 November 2018 bertempat di Gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, PMII Cabang Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan Pelantikan dan Seminar Kebangsaan. Kegiatan yang di mulai sejak pukul 09.00 WIB nampak dihadiri oleh internal organisasi PMII seperti PB PMII, PKC PMII Jawa Barat, Mabincab PMII Kabupaten Sukabumi, PC PMII Kota Sukabumi, serta para Demisioner Ketua Cabang PMII Kabupaten Sukabumi dan Alumni lainnya. Kemudian Nampak pula di hadiri oleh unsur Pemerintah Daerah seperti Bapak Asda I, Kasat Intelkam Polres Sukabumi, Danramil Jampang Kulon yang mewakili Dandim 0622 Sukabumi, KBO Sat Intelkam Polres Sukabumi. Selain itu dihadiri pula oleh Ketua GP Ansor Kabupaten Sukabumi, Sahabat Nurodin yang sekaligus sebagai Sekretari DPD KNPI Kabupaten Sukabumi, dan Kasatkorcab BANSER Kabupaten Sukabumi, Sahabat Abdul Latif. Dalam kegiatan tampak pula dihadiri oleh perwakilan OSIS dari beberapa SLTA/ Sederajat dan kampus-kampus wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi. Setidaknya ada 200 hadirin yang Nampak hadir dalam agenda tersebut.

Dalam agenda Pelantikan terlihat ada 26 Pengurus Cabang Kabupaten Sukabumi yang resmi dilantik langsung oleh Ketua Umum PB PMII, Sahabat Agus M. Herlambang. Proses pelantikan berjalan dengan sakral dan khidmat sebagai salah satu langkah awal para Pengurus Cabang dalam mengemban tanggung jawab organisasi. PMII Cabang Kabupaten Sukabumi meyakini bahwa keterikatan nilai yang diawali dengan janji suci dalam proses bai’at kepengurusan, menjadi suatu hal yang sangat penting sebagai upaya penguatan keyakinan dan menyatukan tujuan serta komitmen bersama dalam mewujudkan cita-cita organisasi. Hal tersebut juga perlu disertai dengan pemahaman bahwa dalam memperjuangkan cita-cita organisasi sangat dibutuhkan semangat perjuangan yang tinggi. Karena dalam langkah gerak seorang kader, mentalitas tentulah menjadi modal utama untuk bertahan dalam garis perjuangan. Dengan demikian, untuk menumbuhkan semangat gerak para kader, PMII Cabang Kabupaten Sukabumi juga melaksanakan Seminar Kebangsaan dengan Narasumber Sahabat Ahfas Fachrianto (Mabincab PMII Kabupaten Sukabumi). Hal tersebut sebagai upaya untuk menggali spirit perjuangan para founding father terdahulu dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Dengan harapan bahwa para kader PMII –khususnya– dan peserta seminar –umumnya– dapat menumbuhkan semangat gerak yang sama dengan para founding father dalam menjalankan proses kaderisasi saat ini.

Berbicara menganai kebangsaan, dalam sambutannya Ketua PC PMII Kabupaten Sukabumi, Sahabat M. Khoer Affandi, mengatakan “Bahwa PMII semenjak didirikan pada tanggal 17 April 1960 tetap teguh dan berkomitmen menjaga kutuhan NKRI” beliau juga menjamin bahwa seluruh kader dan anggota PMII Kabupaten Sukabumi akan tetap berpegang teguh menjaga keutuhan NKRI dengan berlandaskan keimanan kepada Allah Swt, berasaskan Pancasila, UUD 1945, serta Bhineka Tunggal Ika serta cinta tanah air dan bangsa, sebagaimana yang terdapat dalam salah satu poin janji suci kader dan anggota PMII. Dinyatakan pula oleh sahabat Muhammad Khoer Affandi “Bahwa hari ini terdapat permasalahan yang terjadi terutama dalam dunia pendidikan yang tidak maksimal memberikan pemahaman kebangsaan terhadao peserta didik, contohnya, dalam Upacara Bendera di sekolah-sekolah pasti dibacakab Pembukaan UUD 1945, namun apabila ditanyakan kepada siswa/siswi Apa isi Alinea Pertama ? maka kebanyakan menjawab tidak tau. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang menjadi sasaran empuk bagi kaum-kaum yang ingin menghancurkan NKRI” oleh karenanya beliau pun mengajak seluruh pihak untuk ikut andil dalam menjawab permasalahan tersebut.

Kemudian disampaikan pula oleh Ketua PKC PMII Jawa Barat, Sahabat Fachrurizal, “Bahwa Agama dan Kebangsaan tidak boleh dipisahkan,” beliau menambahkan “Bahwa PMII merupakan kekuatan yang tumbuh dan berkembang dari paham keagamaan, yang mana paham keagamaan itu menerima falsafah bangsa dan Negara, jika ada yang bertanya PMII itu apa, jawabannya adalah bahwa pada dasarnya PMII merupakan umat Islam yang memiliki keyakinan bahwa Indonesia Harga Mati” disela-sela sambutannya Ketua PKC PMII Jawa Barat memberikan pesan khususnya keapada Ketua PC PMII Kabupaten Sukabumi “Kalau memang hanya PMII, yang memiliki pemahaman bahwa Agama dan Negara memiliki satu kesatuan utuh, maka kaderisasi harus ada disetiap kampus dan jurusan”. Selebihnya sahabat Fahrurizal yang akrab disapa Fras ini mengatakan bahwa “PMII hadir untuk mewujudkan cita-cita Negara, bahwa Negara hadir untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut dalam melaksanakan ketertiban dunia”.

Kemudian berbicara pola kaderisasi PMII, Sahabat Agus M. Herlambang, selaku Ketua Umum PB PMII, mengatakan bahwa “PMII harus mencari tau bagaimana pola Kaderisasi PMII Kabupaten Sukabumi dapat melahirkan kader-kader terbaik PMII seperti Sahabat Mumu (Muammarullah Umam) yang menjadi tokoh PMII Nasional, juga seperti Sahabat Fras yang hebat di Jawa Barat dan Sahabat Gove (Rusman) yang intens dan konsisten mengawal Kaderisasi secara Nasional” beliau menambahkan “Bahwa hal ini sebagai ciri PMII Kabupaten Sukabumi memiliki sesuatu yang berbeda disbanding dengan cabang-cabang yang lain, hal ini harus menjadi suatu kebanggaan bagi Anggota dan Kader PMII Kabupaten Sukabumi”. Kedepannya Ketua Umum berharap terus lahir kader-kader terbaik PMII dari Cabang Kabupaten Sukabumi. Selanjutnya Sahabat Agus menyatakan sekaligus memberikan motivasi bagi kader-kader PMII “Bahwa kebesaran PMII disuatu wilayah bukan ditentukan oleh jumlah kader yang banyak, bukan pula ditentukan oleh komisariat yang banyak, serta bukan pula ditentukan oleh jumlah bantuan pemda yang banyak, tapi keseriusan sahabat-sahabatlah yang akan menentukan masa depan Bangsa, keseriusan berproses di PMII lah yang menentukan masa depan.”

Kemudian dilanjutkan beberapa pesan yang disampaikan oleh Ketua Mabincab PMII Cabang Kabupaten Sukabumi –KH. Hamdun Ahmad, M.Ag– , sekaligus membuka kegiatan Pelantikan dan Seminar Kebangsaan tersebut bahwa “Pertama, beliau mengucapkan ucapan terimakasih kepada para Demisioner Ketua Cabang PMII Kabupaten Sukabumi yang telah mengabdikan diri untuk PMII.” Kemudian beliau mengajak kepada seluruh pihak terutama unsur Pemerintahan dan Keamanan Daerah dan Banom NU dalam hal ini khususnya GP Ansor Kabupaten Sukabumi untuk Membantu membina dan memajukan PMII Kabupaten Sukabumi, serta beliau mengajak semua pihak untuk mendoakan agar Pengurus Cabang PMII Kabupaten Sukabumi diberikan kesabaran oleh Allah Swt.”

Dalam agenda Pelantikan Pengurus Cabang dan Seminar Kebangsaan tersebut juga dihadirkan beberapa agenda hiburan edukatif seperti Musikalisasi Puisi dengan tema “Semangat Perjuangan” yang ditampilkan oleh Kader dan Anggota PMII Komisariat STAI Al-Masthuriyah. Sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

comments