18 Paguron Se Tasikmalaya Hadiri Milangkala Perguruan Pencak Silat Domas Medar Pusaka Agung

180

Tasikmalaya, (ansorjabar online)
Perguruan Pencak Silat Domas Medar Pusaka Agung Tapa pimpinan Enjang Mulyana mengadakan acara Milangkala ke I dengan tema: “Diri Obah, Mandang Ati Sehat” pada hari minggu (30/4).

Acara berlangsung di villa Camat Ciawi, Desa Gombong kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya.

Tujuan diadakannya milangkala ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi. Terbukti dengan hadirnya 18 Perguruan dari pelbagai daerah yang ada di Tasikmalaya, dantaranya Gagak Lumayung, Ganda Wangi, Lawung Putra, Medal Pusaka Domas, Kencana Ungu, Gelar Pusaka II, Rundayan Kaheman, Jalak Harupat, Pagar Nusa, Ganggalawung, Mekar Wangi, Gajah Putih, Gelar Pusaka Putra dan perguruan pencak silat lainnya.

Acara diawali dengan upacara adat, lalu disambut dengan sisingaan, Tausiyah dari Ustad Totom dan pentas kreasi seni dari para utusan perguruan.

Hampir semua yang tampil dalam kreasi ini kebanyakan anak- anak sekolah tingkat SD dan SMP.

“Kangge ngamajengkeun generasi anu bakal sumping. Ulah sapertos paripaos, jati kasilih ku junti. Leungit ciri, tinggal cara,” kata Ustad Tom tom.

Maksudnya, untuk menyambut generasi baru. Jangan sampai kebudayaan Sunda tereliminasi oleh budaya luar. Hilang wibawa tinggal nama. (asep ebet/edi)

Comments

comments